Kabar Gembira Bagi Pecinta Coklat

Bahan Alami, Kesehatan, Makan, Makanan Sehat, Tips Sehat
Urbanoustics - Para peneliti telah menemukan senyawa yang membantu mempertahankan kelembutan cokelat meskipun kadar lemaknya dikurangi dan ini adalah kabar gembira bagi pecinta coklat.

Apakah Anda merasa bersalah saat menikmati cokelat favorit Anda? Tenang saja, karena saat ini para ilmuwan telah menemukan cara untuk membuat coklat versi bebas lemak namun tetap terasa nikmat di mulut Anda.

Mengurangi kandungan lemak membuat cokelat lebih keras dan cenderung tidak  meleleh di mulut. Namun menurut peneliti, menambahkan limonene, senyawa yang ditemukan dalam lemon dan jeruk, bisa memperbaiki tekstur versi rendah lemak, mampu mencair di mulut dan bisa mengembalikan sifat cokelat yang menyenangkan. Hal ini juga dapat membuat cokelat menjadi lembut dan meleleh lebih mudah daripada cokelat rendah lemak yang biasanya.

Temuan ini telah masuk dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Annelien Rigolle dan peneliti lain dari University of Leuven di Belgia meneliti bagaimana limonene memiliki dampak pada produksi coklat.

Tim menemukan bahwa menambahkan limonene-accelerated cocoa butter kristalisasi pada 17 °C, namun cocoa butter kristalisasi terhambat pada 20 °C. Limonene juga mempengaruhi langkah kristalisasi dari cocoa butter dengan cara yang berbeda, sehingga mereka akhirnya bisa mempengaruhi tekstur cokelat.

Hati-hati dalam memasukkan jumlah limonene dan suhu di mana cokelat diproses karena dapat menyebabkan coklat sangat halus, cokelat rendah lemak akan terasa lebih lebih mewah, para peneliti menyarankan.

Tidak ada komentar