Rahasia Usir Gatal Dan Jerawat Di Kulit Kepala

Urbanoustics - Apakah Anda sering menghadapi sensasi gatal pada kulit kepala Anda? Jangan dibiarkan karena itu bisa jadi akibat jerawat yang muncul di kulit kepala Anda.

Bahan Alami, Gatal, Jerawat, LifestyleYa, jerawat di kulit kepala adalah masalah lain yang muncul ketika partikel asing atau kotoran menyumbat folikel rambut seperti halnya sisa dari minyak rambut yang Anda pakai, penggunaan sisir rambut secara bergantian, asap kendaraan, atau bisa juga dari keringat berlebih yang keluar dari dalam tubuh Anda.

Selain itu, sirkulasi udara yang tidak seimbang di kulit kepala akibat penggunaan topi yang terlalu lama, helm motor atau masker pelindung kepala, juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di kulit kepala. Yang lebih parahnya lagi, kita sering tidak menyadarinya dan hanya menganggap itu adalah ketombe biasa.

Hanya dengan menggaruk saja, umumnya itu dianggap sebagai cara praktis yang dapat menghilangkan rasa gatal tersebut. Padahal, menggaruk dapat menyebabkan iritasi kulit kepala, dan jika itu sering dilakukan, maka peradangan kepala akan menjadi masalah baru yang akan Anda hadapi.

Lantas, apakah ada solusinya? Bagaimana cara mengatasi jerawat kulit kepala yang menimbulkan gatal? Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa bahan alami yang sebenarnya dapat menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah ini.

Dan berikut di bawah ini adalah 6 bahan alami yang dapat menyingkirkan jerawat di kulit kepala dan sensasi gatal yang ditimbulkannya secara aman, mudah, cepat dan efektif.

1. Lemon.

Peras air lemon dan campurkan dengan satu sendok makan air matang. Terapkan pada kulit kepala Anda secara merata. Setelah lima belas menit, bilas dengan sampo. Air perasan lemon sangat efektif dalam membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala serta mampu menyembuhkan kulit kepala yang berjerawat dan gatal.

2. Bawang putih.

Siapkan 1 siung bawang putih yang telah Anda keprok terlebih dahulu. Oleskan ke daerah yang terasa sangat gatal dan muncul jerawat di kulit kepala Anda dengan memberikan pijatan halus. Lakukan selama beberapa menit.

Perawatan ini membantu untuk mengurangi rasa sakit dan gatal, serta menghilangkan jerawat pada kulit kepala. Meskipun pilihan ini menimbulkan bau tajam, namun itu hanya sementara saja. Terhindar dari masalah gatal dan jerawat yang tumbuh di kulit kepala jauh lebih penting dari bau yang menyengat.

3. Tea tree oil.

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu dalam memerangi jerawat di kulit kepala. Campurkan tea tree oil dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1.

Oleskan campuran bahan alami tersebut dengan pijatan lembut pada daerah yang bermasalah selama beberapa menit. Kemudian diamkan selama sekitar dua jam, lalu baru Anda bilas sampai bersih.

4. Pala dan susu.

Giling pala menjadi serbuk dan tambahkan susu 4 sendok makan. Campur mereka sampai benar-benar menyatu dan menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada daerah kulit kepala yang terdapat jerawat secara merata. Biarkan selama sekitar satu jam, lalu bilas dengan sampo.

5. Minyak lavender dan tea tree oil.

Campurkan satu sendok makan minyak lavender dengan empat sendok makan tea tree oil. Tambahkan lagi dengan dua sendok makan minyak zaitun dan campur mereka semua sampai menyatu. Terapkan minyak campuran alami ini pada kulit kepala Anda secara merata dengan sedikit pijatan lembut.

6. Madu dan kayu manis.

Campurkan dua sendok makan madu dengan dua sendok makan kayu manis. Campur mereka sampai merata dan membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada kulit kepala Anda dan diamkan selama setengah jam. Jangan lupa untuk membilas kepala Anda hingga bersih.

Image source: Getty Images

Tidak ada komentar