Oven Microwave Aman Asal Benar Cara Menggunakannya

Oven Microwave, Kesehatan
Urbanoustics - Sebelumnya Anda pernah mendengar bagaimana microwave dapat menghilangkan nutrisi dari makanan Anda, bukan.

Namun, menurut American Chemical Society, sebuah organisasi nirlaba ilmiah dari Amerika Serikat, menjelaskan bahwa, penggunaan microwave yang tepat dan benar tidak akan berbahaya bagi kesehatan dan kualitas dari makanan kita.

Dalam keterangannya, mereka menerangkan bahwa, oven microwave menggunakan gelombang radiasi khusus yang telah diatur agar dapat mengurangi penguapan molekul air dalam makanan, dan hal ini dapat menghentikan hilangnya vitamin dan nutrisi di dalam makanan akibat proses memasak.

Menurut penelitian mereka, mitos menggunakan microwave berbahaya bagi kesehatan adalah hal yang tidak tepat. Hal ini karena makanan yang dimasak dalam microwave memerlukan sedikit waktu dan hanya membutuhkan sedikit air, tidak seperti menumis atau merebus. Sehingga, kondisi ini memungkinkan lebih sedikit nutrisi yang hilang akibat proses penguapan.

Namun, ada kekhawatiran lain di sekitar microwave yang penting untuk diingat. Menurut Canadian Cancer Society, banyak orang orang yang masih takut menggunakan microwave, terutama soal wadah makanan yang dipakai.

Akan tetapi, mereka memberikan beberapa tips yang baik dan benar untuk penggunaan jenis wadah makanan yang ingin dimasukkan ke dalam microwave. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa tips menggunakan wadah makanan yang benar untuk microwave.

1. Gunakan wadah berbahan kaca, keramik dan wadah plastik berlabel "microwave safe".

2. Jangan memanaskan atau menyimpan makanan di wadah plastik yang bukan dimaksudkan untuk makanan. Artinya, wadah yang hanya boleh digunakan satu kali seperti wadah margarin, yang cenderung dapat meleleh saat dimasukkan ke dalam microwave. Hal ini sangat berbahaya karena zat kimia beracun dalam plastik akan banyak masuk ke dalam makanan.

3. Jika Anda menggunakan bahan plastik sebagai wadah penyimpanan, maka biarkan makanan dingin terlebih dahulu sebelum Anda menaruhnya ke wadah plastik. Hindari wadah berbahan plastik atau sejenisnya yang tampak rusak, bernoda atau memiliki bau bahan kimia menyengat.

Tidak ada komentar