Terobosan Baru, Citra Mental Penciuman

LifestyleUrbanoustics - Atlet dan penari meningkatkan pekerjaan mereka dengan membayangkan diri mereka berlatih keterampilan fisik, sedangkan musisi lebih baik lagi setelah membayangkan akan kinerja mereka.

Dan sekarang, para ilmuwan telah menemukan sebuah terobosan baru terkait dampak pelatihan persepsi bau dengan menggunakan citra visual dan mental penciuman. Hal ini merujuk pada hasil penelitian terbaru mereka yang menunjukkan bahwa, para pekerja profesional yang telah melakukan pelatihan "citra mental penciuman", telah mengalami sebuah kemajuan yang sangat signifikan dalam hal kepekaan terhadap bau-bauan, tanpa harus menggunakan hidung sebagai indera penghidu.

Selain itu, para peneliti juga sangat terkejut pada dampak yang diciptakan terhadap kondisi lainnya, yang memperlihatkan bahwa, hal itu ternyata juga dapat meningkatkan kemampuan kerja yang mereka geluti, demikian laporan para peneliti yang dipublikasikan dalam Journal of Studies Sensory.

Dalam penelitian mereka, tim ahli meminta 20 peserta untuk mengidentifikasi 47 zat kimia yang menyerupai bau sehari-hari seperti halnya pisang dan mawar. Kemudian selama 10 hari, satu kelompok peserta diarahkan untuk melihat 10 foto yang setiap fotonya terdiri dari satu item. Mereka kemudian diharuskan untuk mengendus dan menghabiskan waktu 1 menit untuk membayangkan aroma masing-masing item.

Dan ketika para peneliti menguji ulang kemampuan peserta untuk mengidentifikasi bau kimia, orang-orang yang pernah melakukan pelatihan citra mental penciuman telah mengalami peningkatan hingga empat kali lipat lebih baik dari sebelum pelatihan.

Menurut tim peneliti, kondisi peningkatan tersebut sangat bervariasi dan tergantung pada bau. Ada peserta yang mengalami peningkatan untuk mencium bau ketumbar dan plastik, namun tidak menunjukkan peningkatan yang berarti pada bau jamur dan bau karet.

Hal ini mungkin karena perbedaan tingkat kesulitan dalam menciptakan citra mental untuk bau yang berbeda, sebagai pelatihan dasar bagaimana membentuk citra mental aroma yang sulit dipahami oleh mereka.

Tidak ada komentar