Solusi Meningkatkan Kadar Hormon Wanita

Kecantikan, Kesehatan, LifestyleUrbanoustics - Hormon memainkan peran penting dalam kesehatan kita karena mereka mempengaruhi banyak proses tubuh.

Ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh perubahan estrogen lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki. Perubahan hormon biasanya terjadi selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan menopause.

Selain itu, faktor-faktor seperti usia lanjut, pola makan yang buruk, terlalu banyak atau terlalu sedikit olahraga, kelelahan adrenal dan stres, kurang tidur, pil KB, racun dan bahan kimia seperti pestisida, berkontribusi terhadap ketidakseimbangan hormon.

Beberapa gejala umum dari masalah ini termasuk kecemasan, iritabilitas, perubahan suasana hati, insomnia, kelelahan, masalah berat badan, pertumbuhan rambut berlebih atau rambut rontok, migrain, dorongan seksualitas rendah, kulit berminyak atau kering, jerawat, sindrom pramenstruasi, infertilitas dan lain-lain.

Anda dapat menggunakan pengobatan rumah alami dan herbal untuk mengurangi gejala dan bahkan membantu mengembalikan keseimbangan hormon Anda. Namun, ada baiknya bagi Anda juga untuk berkonsultasi dengan dokter Anda agar mendapatkan diagnosis dan solusi yang tepat.

Mintalah saran dokter Anda sebelum mengambil obat herbal atau memulai mengkonsumsi suplemen, terutama jika Anda memiliki kondisi hormon sensitif seperti halnya fibroid rahim, endometriosis, kanker payudara, kanker rahim atau kanker ovarium.

Dan berikut adalah solusi alami untuk ketidakseimbangan hormon.

Asam lemak Omega-3

Asam lemak Omega-3 memainkan peran penting dalam memproduksi hormon, maka mereka sangat bermanfaat dalam menyeimbangkan hormon.

Omega-3 sangat bermanfaat bagi perempuan karena dapat membantu mengurangi kram menstruasi dan gejala menopause. Karena antioksidan dan bersifat anti inflamasi, asam lemak Omega-3 juga memiliki efek mendalam pada kesehatan Anda.

Sumber yang baik dari asam lemak Omega-3 adalah ikan, biji rami, biji chia, kenari, kacang kedelai, tahu, labu dan minyak zaitun. Jadi, makanan ini bagus untuk mengobati ketidakseimbangan hormon Anda secara alami. Anda juga dapat mengambil suplemen Omega-3 setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Dosis umum adalah 500 miligram per hari.

Vitamin D

Vitamin D mempengaruhi kelenjar pituitary Anda, yang menghasilkan berbagai hormon. Hal ini dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan kadar estrogen yang rendah, juga mempengaruhi berat badan dan nafsu makan. Kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan pelepasan abnormal hormon paratiroid.

Beberapa menit paparan sinar matahari setiap hari dapat membantu tubuh dalam membuat vitamin D alami untuk mempertahankan hormon Anda. Anda juga bisa makan makanan seperti minyak ikan, susu dan telur yang kaya akan Vitamin D. Sebagai pilihan alternatifnya adalah, Anda dapat mengkonsumsi suplemen Vitamin D. Untuk dosis yang tepat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Latihan atau olahraga

Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat memicu pelepasan bahan kimia otak yang meningkatkan suasana hati Anda. Hal ini bermanfaat untuk ketidakseimbangan hormon yang sering menyebabkan perubahan suasana hati.

Itu juga akan membantu Anda dalam menjaga berat badan yang sehat. Hindari latihan yang lebih lama dari 40 menit, karena hal itu dapat meningkatkan kadar kortisol Anda.

Berenang, berjalan, jogging atau melakukan latihan ringan lainnya selama 20 sampai 30 menit setiap hari atau setidaknya beberapa kali seminggu. Anda juga dapat mencoba yoga dan latihan  relaksasi untuk merangsang fungsi hormon dan mengurangi stres.

Minyak kelapa

Minyak kelapa extra virgin adalah obat alami lain yang efektif untuk menyeimbangkan hormon. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang menderita hipotiroidisme asam lemak rantai menengah, yang mempengaruhi kesehatan fungsi tiroid.

Minyak kelapa juga membantu menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat metabolisme Anda dan meningkatkan berat badan. Berlawanan dengan kesalahpahaman populer yang selama ini berkembang, minyak kelapa sebenarnya tidak buruk bagi jantung Anda. Bahkan sebaliknya, ia dapat melindungi Anda dari penyakit jantung.

Konsumsi 2 sampai 3 sendok makan extra virgin harian untuk setidaknya beberapa bulan. Hal ini dapat digunakan sebagai bumbu campuran dalam menu masakan Anda.

Kemangi

Kemangi adalah obat lain yang sangat baik untuk menyeimbangkan hormon karena bekerja sebagai adaptogen alami. Ini membantu menurunkan dan menstabilkan kadar kortisol. Kortisol tingkat tinggi dapat mempengaruhi kelenjar tiroid, ovarium dan pankreas.

Kemangi meningkatkan kejernihan mental dan meningkatkan suasana hati. Cukup makan kemangi beberapa batang setiap hari untuk setidaknya beberapa bulan.

Teh ginseng

Dikenal sebagai ginseng merah Korea, membantu mengatur kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon stres. Ini bertindak sebagai adaptogen untuk menjaga keseimbangan hormon yang tepat dalam tubuh Anda.

Studi menunjukkan bahwa, ramuan ini juga dapat berguna dalam mengurangi beberapa gejala menopause. Hal ini dapat membantu meningkatkan produksi sperma dan juga motilitas.

Catatan: Ramuan ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, meningkatkan efek stimulan dan menurunkan gula darah. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil pilihan tersebut.

Sebagai tips tambahan

  • Jangan melupakan untuk mengkonsumsi lemak sehat seperti yang terkandung dalam buah alpukat, mentega dan lainnya.
  • Sertakan serat dan makanan kaya phytonutrisi seperti kubis, kale, brokoli dan kubis Brussel dalam diet Anda. Fitonutrien meningkatkan kapasitas detoksifikasi hati, sehingga dapat melumat racun yang ada di dalam tubuh.
  • Ketika berhadapan dengan gejala-gejala menopause, makanlah produk kedelai yang difermentasi. Namun sayangnya kedelai kurang baik untuk mereka yang menderita tiroid. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi jika Anda menderita tiroid.
  • Hilangkan karbohidrat olahan dari diet Anda dengan cara menghindari makanan dalam produk kemasan dan makanan instan atau cepat saji seperti junk food.
  • Batasi asupan kafein Anda karena hal tersebut akan meningkatkan kadar kortisol yang akan memperlambat fungsi tiroid Anda.
  • Kelola stres Anda dengan baik dengan cara mendapatkan tidur yang tepat.
  • Sebisa mungkin untuk menghindari hormon sintetis seperti halnya pil KB atau sejenisnya.

Tidak ada komentar