Solusi Dan Penyebab Infeksi Jamur Pada Kuku

Kesehatan
Photo: Bigstockphoto
Urbanoustics - Onychomycosis adalah infeksi jamur pada kuku. Ini merupakan suatu kondisi kelainan yang terjadi pada kuku, yang bisa mempengaruhi kesehatan kuku tangan dan kuku kaki. Ketika ada pertumbuhan berlebih dari jamur di bawah atau di atas kuku, maka daerah yang terkena akan menjadi gatal dan meradang.

Tanda dan gejala infeksi jamur pada kuku

Belang putih atau kekuningan mulai berkembang pada kuku, diikuti dengan kerapuhan dibagian sudut atau celah kuku. Bintik serpihan putih atau kuning akan mulai muncul pada kuku, disertai bau menyengat yang muncul di daerah yang terinfeksi.

Akhirnya, kuku akan mulai menebal, menjadi berubah warna dan retak. Infeksi jamur kuku tersebut bisa menyebar dengan cepat ke bagian lain dari kuku.

Penyebab infeksi jamur pada kuku

Infeksi jamur pada kuku disebabkan oleh proliferasi dermatofit, jenis jamur yang sama yang dapat menyebabkan kurap. Menurut survei dan penelitian, sekitar 10% orang dewasa di seluruh dunia menderita infeksi jamur kuku dan lebih dari 50% dari populasi dunia akan terkena sebelum mereka mencapai usia 70 tahun.

Jamur yang menyebabkan infeksi jamur kuku terjadi secara alami dalam tubuh. Dalam jumlah kecil, jenis jamur ini tidak berbahaya. Namun, pertumbuhan berlebih dapat menyebabkan mereka berkembang biak, dan akhirnya menyebabkan iritasi kulit sebelum akhirnya menginfeksi daerah yang terkena.

Infeksi pada kuku bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

1. Infeksi jamur.

Jika Anda terkena kurap di kaki, sebaiknya segera diobati, karena itu dapat menyebar dengan cepat hingga kesemua kuku.

2. Alat manicure atau pedicure yang kotor.

Anda mungkin mendapatkan infeksi dari alat manicure yang digunakan pada kuku Anda. Jika alat kuku tidak dibersihkan dan didesinfeksi, maka hal ini bisa menjadi sumber jamur yang akan menyebabkan infeksi kuku.

3. Kontak dengan orang yang terinfeksi.

Infeksi jamur bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain. Itu sebabnya jika Anda memiliki infeksi atau seseorang yang dekat dengan Anda menderita infeksi jamur, pastikan Anda melakukan sterilisasi semua peralatan, tidak menggunakan sepatu yang sama dan menghindari kontak sampai infeksi dibersihkan.

Infeksi jamur pada kuku mudah untuk diobati. Namun seperti semua jenis infeksi jamur lainnya, itu bisa kembali dari waktu ke waktu jika Anda tidak berhati-hati.

Jamur yang menyebabkan infeksi kuku berkembang di lingkungan yang lembab. Bisa di sepatu atau di kamar mandi Anda. Jamur pada kuku tahan terhadap pemanasan dan pembekuan, sehingga tindakan tertentu harus dilakukan untuk mencegah infeksi atau infeksi berulang.

Mengobati infeksi jamur pada kuku

Selalu menjaga kuku Anda tetap pendek, kering dan bersih setiap saat. Pemangkasan kuku sangat membantu meminimalkan risiko infeksi. Jangan berjalan tanpa alas kaki, terutama di tempat tempat umum seperti kamar mandi, kolam renang umum dan lainnya. Dan terakhir, selalu memilih salon terkemuka untuk melakukan perawatan kuku.

Krim dan salep anti jamur dapat membantu menghambat proliferasi jamur kuku yang menyebabkan infeksi. Bila Anda telah menderita infeksi jamur pada kuku, selalu jaga kaki Anda agar selalu kering. Jangan lupa juga untuk selalu memakai kaus kaki yang terbuat dari bahan yang tidak tebal, saat Anda pergi bekerja atau melakukan aktivitas di luar rumah.

Tidak ada komentar