Solusi Mengatasi Kram Pada Kaki

LifestyleUrbanoustics - Kram kaki adalah salah satu hal yang sering terjadi dalam kehidupan seseorang, terutama jika Anda sedang hamil, olahragawan atau usia lanjut.

Kram dalam sekejap bisa menyebabkan Anda sakit yang tidak tertahankan. Dan disaat masalah itu datang, maka ia bisa bertahan selama 10 menit atau bahkan lebih. Selain itu, kaki Anda juga akan merasakan kontraksi otot betis.

Diantara kita mungkin menderita kram pada kaki hanya sekali-kali saja, namun untuk mereka yang memiliki aktivitas padat terutama yang berhubungan dengan kaki, maka hal itu bisa terjadi cukup sering. Ada beberapa cara untuk mencegah kram pada kaki, misalnya jika Anda memiliki kontraksi pada otot yang menyebabkan kram, maka Anda harus mencoba untuk berjalan sebagai tindakan untuk membantu Anda dalam mengurangi kram.

Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah kram pada kaki:

1. Kram cenderung membuat tidak nyaman saat terjadi. Salah satu cara untuk mengatasi kram pada kaki adalah dengan memberikan pijatan setiap kali Anda mulai merasakan kram atau kontraksi otot betis. Jika rasa sakit terlalu parah dalam situasi ini, maka Anda dapat meminta teman untuk memberikan pijatan pada kaki.

2. Cara lain untuk menyingkirkan kram pada kaki yaitu dengan menekuk jari-jari kaki Anda ke atas atau ke arah kepala Anda setiap kali Anda kram. Yang harus Anda lakukan adalah, duduk di tempat tidur atau alas datar, kemudian regangkan kaki Anda dengan cara sentuh kedua ujung kaki Anda sampai Anda merasakan tekanan pada otot betis.

Lifestyle
Jika Anda kesulitan, maka mintalah teman Anda untuk melakukannya dengan cara meluruskan kaki Anda ke arah atas lalu menekan bagian jari-jari kaki ke arah depan, dalam hal ini Anda harus dalam posisi tidur.

3. Alasan lain di balik terjadinya kram kaki adalah kalsium fosfor yang tidak seimbang. Oleh karena itu, Anda juga dapat mengkonsumsi tablet kalsium. Dalam hal ini Anda dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mendapatkan suplemen kalsium yang terbaik dan aman.

4. Anda juga bisa melakukan push-up dinding untuk mengatasi kram kaki tersebut.

5. Anda juga bisa duduk diam sementara waktu untuk mengurangi rasa sakit kaki Anda. Ketika Anda merasa rasa sakit telah berkurang, Anda dapat berjalan perlahan.

6. Selain yang disebutkan di atas Anda juga dapat menggunakan handuk dingin dan bantal pemanas. Gunakan keduanya pada saat kaki Anda kram.

7. Jika lebih dari 5 menit kram Anda tidak hilang, maka Anda dapat mandi dan berendam dengan air hangat. Ini akan membantu Anda dalam menyembuhkan kram kaki Anda.

8. Anda juga harus memberikan perhatian khusus terhadap tingkat hidrasi Anda, karena dehidrasi adalah salah satu alasan umum di balik kram kaki pada atletik dan non-atletik. Selain air, Anda juga dapat mengambil sumber minuman energi secara rutin seperti halnya air kelapa atau jus buah, untuk mempertahankan tingkat hidrasi yang tepat dalam tubuh Anda.

9. Anda harus memeriksa sepatu Anda juga karena sepatu yang tidak tepat dapat menyebabkan kram kaki dan juga membuat otot betis Anda rentan terhadap kram. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa sepatu Anda empuk dan nyaman dipakai.

1 komentar