8 Tips Mendapatkan Tidur Malam Yang Baik

LifestyleUrbanoustics - Apakah Anda tahu bahwa tidur malam yang baik adalah rahasia untuk melangsingkan badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan?

Kurang tidur menyebabkan ketidakseimbangan hormon, khususnya hormon yang mengatur nafsu makan dan gula darah. Jadi, ketika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, nafsu makan akan meningkat, sehingga Anda makan lebih banyak. Namun sayangnya tubuh Anda kurang mampu mengelola gula darah, sehingga dapat menyebabkan berat badan bertambah, peradangan dan diabetes.

Stres kronis juga didorong oleh kurang tidur, Dan kortisol (hormon stres) dapat mempengaruhi empat sistem inti, yaitu hormon, sistem kekebalan tubuh, pencernaan dan sistem saraf. Penelitian menunjukkan bahwa, ketika tidur terganggu, maka kadar kortisol bergeser jauh dari optimal.

Dan berikut adalah delapan tips untuk membantu Anda dalam mendapatkan tidur malam yang baik.

1. Menjaga jadwal waktu tidur dan bangun tidur secara rutin, termasuk pada akhir pekan.

2. Rencanakan tidur pada pukul 10 malam (atau sembilan jam sebelum Anda bangun) ketika merupakan tingkat melatonin yang optimal untuk tidur.

3. Kurangi aktivitas beberapa jam sebelum tidur seperti halnya menonton televisi, bermain dengan laptop, iPad, telepon dan aktivitas sedang atau berat lainnya.

4. Turunkan kadar cahaya lampu kamar Anda. Hal ini karena mereka dapat merangsang hormon yang dapat membangunkan Anda. Pastikan bahwa kamar tidur Anda benar-benar gelap, bersih dan tenang.

5. Hindari kafein dan makanan terutama gula dan karbohidrat dalam waktu tiga jam sebelum tidur.

6. Hindari alkohol dan nikotin, terutama di akhir hari. Meskipun beberapa orang berpikir bahwa alkohol dapat membantu tidur, namun itu sebenarnya sangat mengganggu tidur dan menyebabkan Anda terbangun di malam hari.

7. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu terjaga di tempat tidur. Jika Anda tidak tidur, bangun dari tempat tidur dan lakukan sesuatu yang lain seperti halnya membaca buku, menyulam, atau menghirup udara segar untuk sementara waktu.

8. Tidurlah dengan kasur, selimut dan bantal yang nyaman dan bersih. Kenyamanan kondisi tempat tidur dan ruangan Anda juga sangat berpengaruh dengan keinginan tidur Anda.

Tidak ada komentar