Susah Tidur? Lakukan 5 Kegiatan Ini

LifestyleUrbanoustics - Insomnia adalah suatu kondisi medis ketika seseorang mengalami kesulitan tidur atau tidak dapat mendapatkan cukup tidur. Stres dan kecemasan adalah penyebab umum insomnia.

Insomnia mempengaruhi semua kelompok umur. Gejalanya termasuk kesulitan tidur, tidak cukup tidur, bangun di tengah malam dan kantuk di siang hari karena kurang tidur pada malam harinya.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu pil tidur hanya untuk merangsang rasa kantuk. Ketika tidak ada teh chamomile sebagai pengobatan herbalnya, yoga juga dapat membantu Anda mencapai tidur nyenyak.

Namun jika kedua cara di atas tidak bisa Anda dapatkan, maka Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi masalah kesulitan dalam tidur atau insomnia.

Turun dari ranjang dan lakukan sesuatu

Jika Anda telah menghabiskan empat jam membolak-balikkan badan di tempat tidur, kini saatnya untuk turun dari ranjang. Hal ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi turun dari ranjang mungkin saja menjadi hal yang Anda butuhkan untuk beristirahat.

Bukannya frustrasi atas ketidakmampuan Anda untuk tidur, lakukan sesuatu yang tenang dan santai seperti membaca atau merajut. Kegiatan tersebut membantu menenangkan pikiran sampai siap untuk beristirahat.

Berhenti berpikir berlebihan

Bagi individu yang mengalami stres, tidur malam yang baik merupakan tantangan besar. Untuk mencapai tidur yang nyenyak, orang harus rileks pikirannya. Jangan berpikir berlebihan dan berhentilah menjadi cemas. Mulailah untuk menempatkan hal-hal dalam perspektif.

Singkirkan alarm Anda

Menyingkirkan jam di samping tempat tidur Anda sama dengan menyingkirkan setiap pengingat visual. Anda tidak menekan diri Anda untuk tidur, namun ini menyelamatkan diri dari rasa frustrasi untuk memeriksa waktu setiap saat yang justru akan mengganggu tidur Anda.

Stop minum kopi 5 jam sebelum waktu tidur

Kafein adalah stimulan yang mengganggu tidur. Jadi, berhenti mengambil apa pun yang dapat menyebabkan Anda tetap terjaga di tengah malam. Cobalah untuk tidak minum kopi empat atau lima jam sebelum tidur.

Susu hangat atau air putih biasa akan lebih baik. Minuman ini sehat dan mereka dapat membantu Anda mencapai tidur yang lebih baik di malam hari.

Gunakan ranjang hanya untuk tidur

Berapa kali Anda mengubah tempat tidur menjadi kantor darurat lengkap dengan dokumen, laptop dan lainnya. Tempat tidur dibuat untuk tidur dan bukan lainnya.

Jangan bekerja di tempat tidur Anda atau mengubahnya menjadi kantor dadakan Anda. Hal ini karena otak akan mulai membiasakan diri dengan pekerjaan dan ini dapat mengganggu tidur. Jika Anda harus bekerja, lakukan di meja dan tidak di tempat tidur.

Tidak ada komentar