Diet Telur Bisa Turunkan Berat Badan

Kecantikan, Kesehatan, LifestyleUrbanoustics - Diet telur adalah diet berbasis protein yang sebagian besar berasal dari telur. Diet telur merupakan variasi dari Diet Atkins dimana konsumsi karbohidrat harus dibatasi.

Diet telur terdiri dari makan dua telur bersama dengan jeruk atau kolaborasi antara protein dan karbohidrat sebagai menu sarapan pagi. Sedangkan untuk makan siang, protein tanpa lemak seperti ayam atau ikan menjadi pengganti dari porsi telur.

Dan untuk makan malam, telur porsi kecil adalah pilihannya. Anda juga dapat menambahkan salad atau sayuran rendah karbohidrat dan buah segar, namun tetap harus porsi kecil pula. Jika Anda sedang melakukan diet telur, maka semua bentuk sumber karbohidrat seperti pasta, nasi, kentang atau roti harus sangat dibatasi.

Manfaat diet telur

Salah satu hal yang paling menguntungkan dari diet ini adalah meminimalkan rasa lapar. Diet tinggi protein juga membantu meningkatkan metabolisme, ini sangat membantu dalam penurunan berat badan Anda. Selain protein, telur juga kaya akan vitamin dan mineral. Bahkan, telur adalah salah satu makanan padat gizi.

Telur mengandung nutrisi yang sama dengan protein yang ada di dalam ikan, unggas dan kacang-kacangan, yang banyak mengandung zat besi, folat dan asam lemak omega-3. Karena tubuh secara alami kita tidak dapat menghasilkan asam lemak omega-3, sehingga penting untuk meningkatkan diet Anda dengan ikan dan sayuran yang kaya akan asam lemak esensial.

Menurut beberapa studi klinis, makan telur untuk sarapan tidak hanya membantu dalam menurunkan berat badan, namun ia dapat membangun tulang kuat dan membantu mengembangkan massa otot yang lebih ramping. Dan yang perlu Anda ketahui adalah, diet telur tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selama beberapa dekade, telur mendapat reputasi buruk karena banyak ahli gizi menilai itu sebagai makanan tinggi kolesterol. Namun, jika Anda melakukan diet telur yang seimbang, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan menjadi salah satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Kekurangan dari diet telur

Mengingat diet telur hanya terdiri dari telur dan sumber protein lain yang mendukung, maka diet ini tidak mampu mengambil nutrisi lebih dari kelompok makanan lainnya. Menurut beberapa studi, orang-orang yang menjalani diet telur akan mengalami reaksi adaptasi tubuh karena perubahan pola makan yang biasa dilakukan.

Karena diet telur dapat memberikan efek penurunan berat badan dengan sangat cepat, sebagian dari para ahli gizi dan kesehatan banyak yang memberikan program diet ini. Namun sebagian dari para ahli lainnya menyebutkan bahwa diet telur tetap kurang baik, karena menggandakan tiga kali lipat asupan protein dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mengalami pusing, kelelahan, rasa mual, bau mulut, sembelit dan perut kembung.

Dan satu hal yang harus Anda ketahui, meskipun Anda bisa kehilangan beberapa kilogram berat badan dengan mengadopsi diet semacam ini. Namun program diet telur ini tidak dirancang untuk penggunaan jangka panjang.

Tidak ada komentar