Solusi Atasi Mulut Kering Secara Efektif

Kesehatan, LifestyleUrbanoustics - Mulut kering secara medis dikenal sebagai "xerostomia" dan merupakan masalah yang sangat umum yang dihadapi oleh banyak orang. Kekeringan di mulut dapat disebabkan oleh perubahan komposisi saliva atau aliran saliva berkurang.

Perubahan ini merupakan gejala dari kelenjar ludah yang tidak bekerja secara baik seperti yang sering dikaitkan dengan penuaan, dehidrasi, stres, kecemasan, mendengkur, depresi, merokok atau minum alkohol. Ibu hamil atau menyusui juga dapat mengalami mulut kering akibat dehidrasi dan perubahan hormonal.

Mulut kering juga dapat menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati depresi, nyeri saraf (neuropati) dan kecemasan, serta beberapa antihistamin, dekongestan, relaksan otot dan obat nyeri. Penyebab lainnya yang memiliki keterkaitan termasuk kemoterapi, terapi radiasi, diabetes, kerusakan saraf, dan penyakit autoimun.

Beberapa gejala mulut kering meliputi perasaan kering di bagian mulut, permukaan lidah menjadi kasar, haus yang berlebihan, luka mulut, bau mulut, hilangnya rasa, bibir pecah-pecah dan kesulitan mengunyah, berbicara atau menelan.

Masalah ini dapat dengan mudah diobati dengan perubahan gaya hidup yang sederhana dan pengobatan alami yang dapat dilakukan di rumah. Pastikan Anda mengikuti beberapa solusi pengobatan alami di bawah ini setiap hari, untuk menghilangkan masalah mulut kering yang mengganggu Anda.

Meningkatkan cairan

Dehidrasi adalah salah satu alasan paling umum dibalik mulut kering. Jadi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan asupan cairan Anda untuk menjaga tubuh Anda dari dehidrasi. Hidrasi yang tepat akan memudahkan tubuh Anda memproduksi air liur lebih banyak dan membantu menyingkirkan gejala mulut kering.
  • Minum jus buah atau jus sayuran.
  • Minum 1 sampai 2 gelas air kelapa setiap hari.
  • Minum teh herbal seperti teh hijau, teh chamomile, atau lainnya.
  • Makan-makanan lunak dan berkuah seperti rebusan dan sup.
  • Hindari minuman berkafein, soda dan minuman beralkohol karena mereka dapat memperparah mulut menjadi semakin kering.

Cabai rawit

Cabai rawit merangsang produksi air liur, sehingga menjadi salah satu solusi terbaik untuk mulut kering. Selain itu, cabai juga dapat membantu meningkatkan selera nafsu makan, sehingga Anda dapat membedakan rasa pedas, asam, manis, asin dan pahit. Taburi cabai rawit bubuk dalam sup Anda, salad dan hidangan lainnya.

Minyak

Menurut praktek Ayurvedic kuno, minyak dapat membantu menjaga kelembaban mulut Anda. Dengan demikian, maka sudah tentu sangat membantu dalam mengobati masalah mulut kering.

Selain itu, minyak juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mulut dan sebagai salah satu solusi menghilangkan bau mulut. Minyak yang digunakan sebagai pengobatan alami seperti minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak nabati lainnya.
  • Masukan 1 sendok makan minyak di mulut Anda.
  • Biarkan selama sekitar 15 menit.
  • Bilas mulut Anda dengan air hangat.
  • Sikat gigi seperti biasa.
  • Ulangi proses ini setiap hari, dan yang terbaik adalah pada pagi hari saat Anda belum makan apapun.
Catatan: Jangan berkumur atau menelan minyak.

Aloe Vera

Salah satu bahan pengobatan kuno yang ampuh untuk mengobati mulut kering adalah lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya juga dipercaya dapat membantu melindungi jaringan sensitif di mulut dan meningkatkan selera makan.
  • Minum 1/4 cangkir jus lidah buaya setiap hari untuk menyembuhkan mulut kering.
  • Anda juga dapat membilas mulut Anda dengan jus lidah buaya beberapa kali sehari.
  • Atau mengoleskan aloe vera gel di sekitar mulut (bibir bagian dalam dan luar) Anda dengan menggunakan kapas. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas mulut Anda dengan air dingin. Lakukan pengobatan alami ini sebanyak 2 atau 3 kali sehari.

Lemon

Jus lemon dapat merangsang produksi air liur dan mengurangi mulut kering. Ditambah lagi dengan sifat asamnya, lemon dapat membantu membersihkan mulut Anda dan menghilangkan bau mulut.

Tambahkan air dengan setengah lemon dan sedikit madu ke dalam  satu gelas. Minum ramuan air ini setiap hari agar Anda tetap terhidrasi. Alternatif lainnya, Anda dapat menaburi sedikit garam pada sepotong kecil lemon, dan gosokkan pada lidah Anda untuk meningkatkan selera makan Anda.

Jahe

Jahe sangat efektif dalam merangsang air liur dan dapat membuat mulut Anda terasa segar kembali. Kunyah sepotong kecil jahe segar secara perlahan. Meskipun ini terasa sedikit pedas, namun hal itu justru akan mengembalikan kelembaban mulut Anda.

Lakukan cara mudah ini beberapa kali sehari untuk melawan gejala mulut kering dan bau mulut. Sebagai alternatif lainnya jika Anda merasa berat untuk mencoba cara di atas, maka Anda juga bisa minum air perasan jahe sebanyak 2 sampai 3 cangkir teh, yang dicampur dengan sedikit madu. Minum ramuan alami ini setiap hari untuk merangsang kelenjar liur Anda sekaligus menjaga kesehatan tubuh Anda.

Sebagai tips tambahan:

  • Hindari merokok dan mengunyah tembakau, karena hal itu akan menghambat produksi air liur Anda.
  • Hisap permen bebas gula atau mengunyah permen karet bebas gula untuk meningkatkan produksi air liur.
  • Biasakan untuk bernapas melalui hidung dan bukan melalui mulut Anda.
  • Berkumur dengan air garam hangat 3 atau 4 kali sehari.
  • Selain menyikat gigi dan flossing gigi Anda, jangan lupa untuk selalu membersihkan lidah Anda.
  • Gunakan pasta gigi dan obat kumur dengan fluoride di dalamnya.
  • Minum air putih saat selesai makan, dan kunyah makanan Anda secara menyeluruh sebelum menelannya.
  • Biasakan setelah makan makan, berkumur atau bilas mulut Anda dengan air hangat.
  • Kurangi jenis asupan makanan seperti kare, berlemak, dan asam,  karena mereka dapat mengiritasi bagian dalam mulut Anda, selain dapat menyebabkan panas dalam.
  • Kurangi jenis minuman yang mengandung soda, kafein, dan alkohol, karena hal itu dapat meningkatkan resiko kerusakan gigi dan bau mulut.

Tidak ada komentar