Solusi Ampuh Meredakan Batuk Kering

Kesehatan
Photo credit: Bigstockphoto
Urbanoustics - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, penyebab batuk kering ada bermacam-macam mulai dari karena alergi, asma, infeksi virus, paparan bahan kimia atau benda asing lainnya, serta merokok berlebihan.

Batuk kering bisa terjadi kapan saja, bahkan saat Anda tengah tidur nyenyak sekalipun, ia terkadang bisa datang hingga membuat Anda terbangun di tengah malam. Banyak diantara kita yang menganggap batuk kering bukanlah masalah penting karena hanya terjadi sesaat. Bagaimanapun juga, ini tetaplah sebuah masalah kesehatan yang tidak bisa Anda anggap ringan.

Batuk kering dapat dengan mudah mengiritasi tenggorokan Anda, dan jika itu dibiarkan begitu saja, maka ia dapat menimbulkan peradangan yang serius di dalam saluran pernapasan bagian atas. Rasa sakit dan perih saat menelan, serta suhu tubuh yang tiba tiba meningkat, merupakan salah satu tandanya.

Lantas, bagaimanakah solusi untuk meredakan batuk kering? Tenang, Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya banyak pengobatan alamiah yang jauh lebih mudah dan aman, yang dapat mengatasi masalah datangnya batuk kering.

Dan berikut adalah delapan cara ampuh yang bisa Anda coba untuk menghentikan batuk kering secara aman, cepat dan efektif.

1. Teh, lemond dan madu.

Siapkan secangkir teh hangat yang ditambahkan lemon dan satu sendok makan madu. Madu dalam teh akan membantu untuk melapisi tenggorokan yang mengalami iritasi dan memungkinkan Anda untuk berhenti batuk.

2. Uap dan mandi air hangat.

Uap dari mandi hangat membantu untuk melembabkan bagian tenggorokan yang teriritasi dan dapat menghentikan batuk. Berdiri di kamar mandi sekitar sepuluh menit dan hirup uap dari air hangat sembari mandi bisa menjadi terapeutik.

3. Susu panas dan madu.

Susu panas dan madu dapat menghentikan batuk kering yang membandel. Siapkan segelas susu yang telah Anda tambahkan satu sendok makan madu. Minum perlahan-lahan sebelum tidur untuk mencegah batuk di malam hari. Susu hangat juga dapat membantu Anda untuk tidur jika Anda menderita insomnia.

4. Mengunyah permen peppermint.

Mengunyah satu permen pada saat pertama kali Anda mulai merasakan batuk akan membantu menghentikan batuk berkelanjutan.

5. Perhatikan kelembaban di rumah Anda.

Batuk kering cenderung diperburuk oleh udara kering. Untuk meningkatkan kelembaban di tempat tinggal Anda, mengatur dan menata properti yang ada di dalam rumah Anda menjadi rapi dan tidak terlalu menumpuk sangatlah penting. Hal ini tidak hanya dapat menghentikan batuk Anda, namun ini juga dapat mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan.

6. Cuka sari apel.

Tambahkan beberapa sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air matang. Minumanlah secara perlahan-lahan ketika Anda merasakan dorongan untuk batuk. Cuka dapat membantu mengurangi peradangan di tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas, termasuk mencegah batuk.

7. Jahe segar.

Jahe bisa menjadi obat batuk yang sangat efektif. Cara mengolahnya sangatlah mudah, kupas sepotong jahe segar menjadi bagian kecil atau tipis, dan kunyahlah perlahan-lahan.

Sebagai alternatif lainnya adalah, Anda dapat menjadikan jahe segar sebagai minuman hangat. Kupas sepotong jahe hingga tidak menyisakan kulitnya. Setelah itu, keprok jahe tersebut dan masukkan ke dalam segelas air panas dengan tambahan sedikit gula. Minumlah secara perlahan disaat masih hangat.

8. Minum banyak air.

Jika Anda berada dalam situasi dimana Anda akan berbicara banyak, selalu sediakan segelas air di sisi Anda. Minumlah beberapa teguk setiap kali Anda berhenti sejenak untuk berbicara. Hal ini dapat membantu untuk menjaga bagian tenggorokan Anda tetap lembab dan mengurangi iritasi.

Tidak ada komentar