Detox Tipe Baru: Digital Detox

Kesehatan, Lifestyle
Photo Credit Courtesy of Digital Detox Retreat
Urbanoustics - Tanpa disadari, kita menciptakan hubungan yang lebih intim dengan gadget, secara bersamaan berkurangnya keintiman kita dengan keluarga dan teman-teman, hingga menciptakan korelasi terbalik. Sementara teknologi smartphone telah memberikan manfaat bagi kita dalam banyak hal, namun keseimbangan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan.

Dalam jajak pendapat yang dilaporkan oleh majalah Time, satu dari empat responden mengaku memeriksa telepon setiap 30 menit, dan satu dari lima setiap 10 menit. Sepertiga dari responden disebutkan bahwa, tanpa ponsel untuk waktu yang singkat, maka akan membuat mereka cemas. Tidak ada yang tahu perasaan ini dapat membuat Anda menjadi pecandu digital.

Setiap kali kita menerima email atau pemberitahuan dari media sosial, maka Dopamin akan dilepaskan dalam otak. Dopamin merupakan neurotransmitter, yang menyebabkan kita merasakan kenikmatan dan kepuasan. Kita menganggap bahwa email sebagai bentuk penerimaan atau hadiah kecil.

Karena kita merasa senang dalam hal ini, kita mencari lebih banyak dan kadang-kadang merugikan fisik kita. Ketika pencarian infleksi Dopamin konstan datang ke titik kritis, ini akan menyebabkan efek kecanduan.

Tidak ada konsensus dari komunitas psikologi, namun pada tahun 2013, sebuah rumah sakit di Amerika Serikat telah mulai mengobati mereka yang menderita apa yang disebut dengan "kecanduan internet". Selama program 10 hari, kelompok yang telah di diagnosis dengan masalah berat akan menjalani evaluasi dan dibatasi dari semua penggunaan teknologi selama 72 jam di Behavioral Health Services, Bradford Regional Medical Center, Pennsylvania.

"Kecanduan didefinisikan bukan sebagai berapa jam yang dihabiskan saat online, melainkan sebagai ketidakseimbangan yang mempengaruhi karir Anda dan hubungan negatif sebagai obat atau kecanduan", ungkap Kimberly Young, seorang psikolog dan pendiri program tersebut.

"Program ini tidak dilindungi oleh asuransi, karena kecanduan internet tidak diakui dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Five oleh the American Psychiatric Association".

"Seharusnya jaringan sosial dimaksudkan untuk menghubungkan kita dengan kerabat yang jauh lokasinya, namun tidak dengan mengorbankan hubungan dekat. Misalnya, jika saat posting foto di Facebook, maka Anda biasanya mengabaikan cerita atau komentar dari istri atau anak Anda".

Jaringan sosial pada dasarnya adalah bersifat sosial, tetapi pada skala tertentu, itu tidak perlu secara konsisten dilakukan secara terus menerus.

Ibaratkan keberadaan Facebook kita hanyalah saluran televisi, diprogram dengan menyoroti orang-orang yang kita inginkan, namun belum tentu orang itu kita kenal. Berbekal pemahaman ini, kita semua harus berhati-hati dalam menempatkan informasi yang Anda pelajari di sana. Sosial media bukan realitas.

Teknologi memberikan kita akses ke sejumlah besar informasi, dan internet kini telah di ujung jari kita. Dalam upaya untuk lebih dan lebih, pada lapisan yang tak terhitung jumlahnya, meninggalkan jendela terbuka tak berujung di komputer kita, dan kemudian beralih berbicara di ponsel, SMS, berinteraksi dengan aplikasi mobile dan browsing internet. Sayangnya, otak kita pada akhirnya terpengaruh karena proses ini.

William Powers berbicara tentang bagaimana ketergantungan kita terhadap media sosial dan perangkat digital. Setelah munculnya smartphone, kita mulai mengisi saat-saat dengan apa yang disebut sebagai "ponsel checkery".

Membuka ponsel kita dengan misi untuk memeriksa SMS penting atau mencari informasi. Namun, pemeriksaan terus-menerus berkembang menjadi solusi karena takut sendirian.

Jadi, apakah Anda berada dalam situasi ini? Apakah Anda seorang "ponsel checkery"? Mungkin sudah waktunya Anda memperbaiki pola Anda, dengan sedikit demi sedikit mulai menaruh perhatian kembali ke lingkungan Anda dan meninggalkan ponsel Anda di tas atau meja, tanpa melakukan "ponsel checkery" dan fokus dengan obrolan Anda bersama kerabat Anda.

Tidak ada komentar