Berpuasa 3 Hari Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Kesehatan, LifestyleBerpuasa 3 Hari Untuk Sistem Kekebalan Tubuh - Para ilmuwan dari University of Southern California (USC) telah menemukan bahwa, puasa selama tiga hari dapat menumbuhkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan, bahkan pada orang tua, para ilmuwan telah menemukannya sebagai sebuah terobosan luar biasa.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa, puasa selama 3 hari dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel darah putih yang baru, yang sangat ampuh untuk melawan infeksi. Menurut mereka, puasa bisa sangat bermanfaat bagi orang yang menderita kerusakan sistem kekebalan tubuh, seperti pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

Hal ini juga bisa membantu orang tua atau lanjut usia yang mana sistem kekebalan tubuhnya menjadi kurang efektif dengan bertambahnya usia mereka, sehingga sulit bagi mereka untuk melawan penyakit umum.

"Puasa 'membalik saklar regeneratif' yang mendorong sel-sel induk untuk membuat sel-sel darah putih yang baru, dan pada dasarnya juga dapat meregenerasi sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan", jelas para ilmuwan dari USC.

Valter Longo, seorang penulis dan profesor dari Davis School of Gerontology USC, mengatakan bahwa, ketika kita kelaparan, maka sistem pada tubuh mencoba untuk menghemat energi. Dan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghemat energi adalah dengan mendaur ulang banyak sel-sel kekebalan tubuh yang tidak diperlukan, terutama yang mungkin rusak.

"Dengan sistem kekebalan tubuh yang rusak akibat kemoterapi atau penuaan, siklus puasa dapat menghasilkan yang secara harfiah disebut sebagai sistem kekebalan tubuh yang baru", kata Longo.

2 komentar

Berpuasa memang baik untuk kesehatan, ini tak hanya bagi yang beragama Islam saja.