Benarkah Deodoran Anda Aman Bagi Kesehatan?

Kesehatan, LifestyleBenarkah Deodoran Anda Aman Bagi Kesehatan? - Di era yang serba instan seperti saat ini, Anda harus sangat teliti dalam setiap membeli produk atau bahan-bahan perawatan tubuh Anda, khususnya produk-produk yang berhubungan dengan deodoran.

Bukan hanya karena harga ataupun kualitasnya. Namun, hal terpenting yang harus Anda ketahui adalah bahan-bahan yang telah mereka pakai tersebut apakah benar-benar aman bagi kesehatan tubuh Anda.

Apakah Anda tahu apa yang ada di dalam deodoran Anda? Jika Anda belum mengetahuinya, maka Anda dapat membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Menurut Dr Joseph Mercola, D.O, deodoran yang selama ini kita pakai mungkin mengandung aluminium yang dapat diserap ke dalam jaringan payudara Anda, dimana itu bisa berpotensi meningkatkan resiko kanker payudara atau masalah kesehatan lainnya.

Paraben adalah keluarga dari pengawet sintetis yang sering ditemukan dalam produk deodoran yang sangat banyak kita temui di pasaran. Kekhawatiran terbesar adalah bahwa penyerapan bahan kimia ini akan mengganggu keseimbangan hormonal halus.

Hal ini dapat menyebabkan hal-hal seperti pubertas dini pada anak-anak dan peningkatan resiko kanker hormonal. Paparan paraben juga telah dikaitkan dengan cacat lahir dan toksisitas organ.

Propylene glycol adalah bahan lainnya yang umum digunakan dalam deodoran. Ini adalah bahan berbasis minyak bumi yang digunakan untuk melunakkan produk kosmetik karena konsistensi yang apik.

Ini adalah cara murah namun berbahaya untuk membuat produk perawatan tubuh agar lebih mudah diterapkan pada kulit. Dalam hasil penelitian terbaru, disebutkan bahwa, hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf pusat, hati dan jantung.

Phthalates adalah kelas lain dari bahan kimia yang sering digunakan dalam deodoran yang mungkin sedang Anda pakai saat ini. Saat ini, Phthalates banyak digunakan dalam kosmetik, wewangian sintetis, plastik, produk perawatan tubuh dan barang medis. Bahan kimia ini dipakai untuk membantu melarutkan zat kimiawi berbahaya lainnya dan untuk menciptakan konsistensi agar jadi lebih baik.

Triclosan merupakan bahan yang umum termasuk dalam deodoran. Hal ini dimanfaatkan sebagai pembunuhan bau yang sering dikatakan sebagai anti-bakteri. Triclosan juga sering digunakan dalam sabun antibakteri, tisu tangan dan gel.

Triclosan sebenarnya diklasifikasikan sebagai pestisida oleh Food and Drug Administration (FDA). Hal ini juga diklasifikasikan sebagai karsinogen oleh Environmental Protection Agency.

Klasifikasi ini telah mendorong beberapa perusahaan untuk menghapusnya dari produk mereka. Namun, masih dapat ditemukan sebagai bahan dalam beberapa rumus.

Sekarang Anda telah mengetahui semua hal tentang deodoran yang mungkin saat ini sedang Anda pergunakan. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bahan-bahan yang ada di dalam deodoran yang telah Anda pakai tersebut. Jangan sampai faktor ketidaktahuan Anda tersebut, akan berdampak buruk pada kesehatan Anda di kemudian hari.

Tidak ada komentar