-->

10 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Kesehatan10 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan - Ketika Anda menonton acara komedi, mendengar lelucon atau menikmati cerita lucu dengan teman dan keluarga, Anda melakukan hal-hal yang baik untuk kesehatan Anda.

Suara tawa dapat membuat orang merasa bahagia. Tertawa adalah obat alami yang penting karena memberikan manfaat bagi fisik, psikologis, emosional dan sosial, serta mengalihkan perhatian Anda dari pikiran negatif.

Dan berikut di bawah ini adalah 10 manfaat tertawa untuk kesehatan yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Latihan organ dalam.

Tertawa adalah proses yang sederhana, namun dianggap sebagai teknik latihan organ dalam yang terbaik. Pada saat tertawa, hal itu merupakan latihan untuk diafragma, sistem pernapasan dan bahkan bahu.

Inilah sebabnya mengapa otot Anda lebih rileks dan tenang setelah tertawa. Selama tertawa, kita mengambil napas dalam-dalam yang dapat membantu membuka saluran udara dan meningkatkan asupan oksigen.

2. Mengurangi stres.

Tertawa adalah bentuk penghilang stres. Hal ini menyebabkan penurunan kadar hormon stres seperti cortisol dan epinephrine.

Tawa merangsang sirkulasi darah yang akan membantu mengurangi beberapa gejala stres. Saat Anda sedang stres, cobalah menonton beberapa acara komedi dan Anda akan merasa lebih baik.

3. Meningkatkan kualitas tidur.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, tertawa adalah salah satu obat alami terbaik yang dapat Anda coba. Tertawa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak melatonin, hormon yang dilepaskan oleh otak yang dapat membantu Anda tidur lebih baik.

Beberapa penelitian ilmiah di bidang insomnia telah menemukan bahwa tertawa membantu meningkatkan pola tidur, yang sangat membantu dalam mengobati insomnia. Dan saat malam hari, tertawa akan membantu mengurangi stres dan kecemasan.

4. Mengurangi depresi.

Tertawa dapat membantu orang yang menderita gangguan seasonal affective disorder (SAD) atau full blown depression. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Geriatrics Gerontology International menemukan bahwa, terapi tertawa dapat mengurangi masalah depresi.

Tertawa mengurangi tingkat hormon stres dan menggantikannya dengan hormon yang baik. Ini berarti tawa menciptakan kondisi pikiran yang positif. Jika Anda stres, lelah atau tertekan, strategi yang paling efektif yang dapat Anda lakukan adalah tertawa lepas.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, Anda dapat memperbaikinya dengan tertawa. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah antibodi, antiinfeksi serta T-sel dalam darah.

6. Meredakan sakit.

Tawa bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi dari Oxford University yang diterbitkan dalam "Proceedings of the Royal Society".

Orang-orang yang banyak tertawa dapat menahan rasa sakit hampir 10 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak tertawa banyak. Tertawa juga berguna untuk memutus siklus nyeri kejang umum untuk beberapa gangguan otot.

7. Kontrol Diabetes.

Tertawa dapat membantu mengontrol diabetes. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Tsukuba di Jepang, tertawa dapat menurunkan kadar gula dalam darah setelah makan antara orang-orang dengan diabetes tipe 2.

Diyakini bahwa tertawa memiliki dampak langsung pada sistem neuroendokrin, yang memonitor kadar glukosa tubuh. Tawa dapat membantu penderita diabetes menghindari komplikasi mikrovaskular.

Jika Anda memiliki diabetes tipe 2, pastikan untuk menonton acara humor selama minimal 30 menit setiap hari.

8. Melindungi jantung.

Pada dasarnya, jantung adalah otot dan itu akan lebih kuat dan berfungsi lebih baik dengan olahraga. Ini adalah salah satu alasan tertawa dianggap sebagai latihan yang sehat bagi jantung Anda.

Ketika Anda tertawa, jaringan yang membentuk lapisan pembuluh darah akan mengembang, yang menyebabkan peningkatan aliran darah. Ini memainkan peran penting dalam memerangi aterosklerosis dan mengurangi resiko serangan jantung. Selain itu, Efek santai tawa juga sangat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Hanya 15 menit tertawa dalam sehari dapat menjaga jantung Anda untuk tetap sehat dan mencegah masalah kardiovaskular.

9. Membuat Anda awet muda.

Tawa dapat membuat Anda terlihat lebih muda. Ketika Anda tersenyum dan tertawa, sebanyak 15 otot wajah akan bekerja. Hal ini meningkatkan aliran darah di sekitar wajah, membuat Anda terlihat lebih muda dan sehat.

10. Membuat Anda bersemangat.

Tertawa juga bisa menguatkan pikiran dan tubuh Anda. Ketika Anda tertawa, udara akan dipaksa keluar dari paru-paru, yang menyebabkan Anda mengambil napas dalam-dalam.

Hal ini meningkatkan aliran oksigen ke seluruh otot tubuh dan organ penting lainnya, menghasilkan lebih banyak energi. Peningkatan energi juga berarti meningkatkan kewaspadaan, kreativitas dan memori.

Seiring dengan manfaat kesehatan, tertawa juga dapat meningkatkan kehidupan sosial Anda dan menjaga hubungan Anda berjalan lancar. Karena tertawa itu gratis dan obat alami terbaik, Anda dapat menikmatinya sebanyak yang Anda inginkan.

Tidak ada komentar