Tips Keluarkan Air Yang Masuk Ke Dalam Telinga

LifestyleTips Keluarkan Air Yang Masuk Ke Dalam Telinga - Air masuk ke dalam telinga adalah kejadian yang sangat umum dan dapat terjadi pada siapa saja. Saat berenang atau mandi di shower, air bisa masuk ke dalam telinga.

Hal ini menyebabkan sensasi menggelitik di telinga dan menyebabkan ketidaknyamanan. Hal ini juga dapat disertai dengan rasa sakit dan mengurangi kemampuan pendengaran.

Jika tidak segera diobati, maka cairan yang masuk dan terperangkap di dalam telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, pembentukan kista, peradangan gendang telinga, dan komplikasi lainnya. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menyingkirkan cairan di telinga sesegera mungkin.

Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah, Anda perlu mencari tahu apakah cairan yang masuk ke dalam telinga Anda terakumulasi di telinga bagian luar atau telinga bagian dalam.

Akumulasi cairan di telinga bagian dalam tentu direkomendasikan untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis THT, hal ini dimaksudkan agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Sedangkan akumulasi cairan di telinga bagian luar atau bagian tengah dapat diobati sendiri di rumah.

Yang terpenting adalah, Anda tidak perlu takut dan panik secara berlebihan, karena ada beberapa teknik atau cara sederhana dan mudah namun memiliki efek yang luar biasa untuk mengeluarkan cairan yang masuk ke dalam telinga Anda. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa teknik untuk mengeluarkan air atau cairan yang masuk ke dalam telinga Anda.

Teknik Gravitasi

Cara terbaik untuk menghilangkan air dari dalam telinga Anda adalah dengan teknik gravitasi. Tekanan gravitasi yang Anda lakukan dapat mengeluarkan air atau cairan yang mengumpul di dalam telinga dengan cepat dan efektif.

Caranya:

Miringkan kepala Anda ke samping sesuai dengan telinga yang kemasukan air, misalnya telinga kanan Anda yang kemasukan air, maka Anda harus memiringkan kepala ke kanan dengan menghadap ke tanah.

Tempatkan telapak tangan Anda ke telinga yang bermasalah hingga menutupi saluran telinga. Tekan telapak tangan ke arah dalam telinga seperti memompa. Tahan selama beberapa detik, dan kemudian lepaskan telapak tangan Anda.

Selain itu, gerakan menguap atau mengunyah juga dapat membantu mengeluarkan air dari saluran telinga dengan menciptakan tekanan di telinga tengah dan peregangan pada saluran telinga.

Catatan: Jangan melakukan tekanan secara cepat dan berulang-ulang dalam satu waktu.

Teknik Manuver Valsalva

Melakukan manuver valsalva akan membantu tabung eustachius telinga Anda membuka dan mendorong air keluar dari telinga Anda.

Caranya:

Ambil napas dalam-dalam, kemudian tutup mulut Anda dan dua lubang hidung Anda dengan jari-jari tangan Anda. Tiup udara keluar dari hidung Anda untuk mengatur tekanan udara. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan mendengar suara popping sedikit yang berarti tabung Eustachius terbuka lagi.

Catatan: Jangan meniup hidung terlalu keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

Dengan Menggunakan Hair Dryer

Hair dryer juga dapat digunakan untuk mempercepat penguapan cairan yang terperangkap di dalam telinga. Karena hangat, udara kering akan mengubah air menjadi uap dan akhirnya membantu mengeluarkan air keluar dari telinga Anda.

Caranya:

Tarik daun telinga Anda menjauh dari tubuh Anda. Tahan hair dryer sekitar 10 sampai 12 inci dari telinga Anda. Atur panas hair dryer untuk menghangatkan.

Arahkan langsung ke dalam liang atau lubang telinga Anda yang kemasukan air. Pegang hair dryer di posisi selama sekitar 30 detik. Jika diperlukan, ulangi lagi.

Catatan: Jangan lakukan ini selama lebih dari beberapa menit dalam satu waktu.

Pijatan Dengan Alkohol Dan Cuka

Alkohol dan cuka adalah metode pengobatan kuno untuk menyingkirkan cairan di dalam telinga. Sifat anti bakteri cuka akan membantu membunuh kuman yang ada di dalam telinga, sedangkan alkohol dapat membantu mengeringkan air yang masuk ke dalam telinga.

Caranya:

Campur satu sendok teh masing-masing alkohol dan cuka. Dengan menggunakan pipet, teteskan 2 sampai 3 tetes larutan ini ke dalam telinga yang kemasukan air.

Pijat dengan arah memutar saluran telinga secara lembut dengan jari Anda (dalam keadaan bersih), dan lakukan sekitar 30 detik. Setelah itu, miringkan kepala Anda agar cairan dapat dengan mudah mengalir keluar.

Teknik Terapi Panas

Terapi panas dapat membantu membebaskan telinga Anda dari cairan yang masuk dengan cepat. Kompres panas akan membantu membuka tabung Eustachius (dimana cairan biasanya mengumpul), sehingga cairan dapat keluar dengan mudah.

Caranya:

Celupkan kain lap atau handuk bersih ke dalam mangkuk yang berisi air panas, kemudian jangan lupa untuk diperas. Tempelkan handuk panas tadi ke bagian saluran telinga bagian luar selama 30 detik. Tunggu sebentar dan kemudian ulangi.

Lakukan ini empat atau lima kali secara berturut. Berbaringlah dengan posisi miring untuk membantu cairan mengalir keluar.

6 komentar

Wah keren keren, saya biasa pake bantal doang...

Boleh di coba dulu nih...

terlalu ribet semua tehnik di atas....cara mengeluarkan air yang masuk ke telinga sebenarnya paling gampang, tidak perlu pake cara2 seperti di atas... jadi, apabila telinga masuk air, ambil air kemudian dimasukkan lagi ke telinga yang kemasukan air tadi kemudian langsung dimiringkan menghadap ke tanah, air yang masuk tadi akan keluar bersama2 dengan air yang kita masukkan terakhir...dicoba aja...pasti manjur..

iya bener favorit aku mah dengan cara seperti ini, ampuh.. berpuluh puluh kali kejadian selalu berhasil dengan cara memasukkan air ke telinga kemudian langsung miringkan kepala :)) .. tapi artikel di atas sangat informatif, good (y)

Semua pada dasarnya tidak ada yang ribet sahabat. Teknik seperti yang Anda jabarkan memang sangat umum di masyarakat kita. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya memasukkan air ke dalam telinga dalam kondisi telinga sedang kemasukan air itu bisa berbahaya? Itu yang selama ini tidak kita sadari, padahal, indera pendengaran kita terdiri dari organ-organ halus yang sangat peka sekali terhadap suatu benda dan suhu. Terima kasih tanggapannya sahabat :)

Ribet..... loncat aja smbil memiringkan kepala mana telinga yg kmsukan air...