Alasan Mengapa Anda Harus Minum Air Kelapa

KesehatanAlasan Mengapa Anda Harus Minum Air Kelapa - Air kelapa dikemas dengan kaya nutrisi yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Air kelapa mengandung 95 persen air yang di ekstrak dari kelapa muda. Ini benar-benar sangat alami dan pastinya mengandung banyak manfaat di dalamnya.

Tahukah Anda jika air kelapa merupakan sumber lima mineral penting. Kelima sumber mineral penting itu adalah kalium, magnesium, kalsium, natrium dan fosfor. Ini bisa menjadi minuman alami yang sangat baik untuk membantu ketahanan tubuh kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat dari minum air kelapa, diantaranya:

1. Mencegah dehidrasi.

Air kelapa sangat bagus untuk mengatasi dehidrasi, menyegarkan, mengandung elektrolit penting dan steril. Hal ini secara ekologi dan alternatif sangat baik untuk dikonsumsi, khususnya di tempat tempat di mana Anda mengalami kekurangan air bersih.

Dengan menambahkan sedikit garam pada air kelapa, maka ini akan menjadi sangat baik, terutama saat Anda telah mengeluarkan banyak keringat setelah melakukan beberapa aktivitas berat.

2. Bahan Bakar otak dan otot.

Air kelapa mengandung 295 miligram kalium, yang berarti bahwa satu cangkir minuman tropis ini memiliki lebih banyak kalium dibandingkan sebuah pisang.

Kalium mengatur detak jantung dan fungsi otot. Sedangkan elektrolit akan memfasilitasi fungsi sistem saraf, transmisi saraf, serta fungsi kognitif yang lebih baik. Dengan begitu, air kelapa dapat membantu Anda untuk meningkatkan fungsi otak Anda secara alami.

3. Anti penuaan.

Sekarang Anda tahu mengapa air kelapa sangat populer di kalangan para selebritis dunia. Hal itu karena mereka telah mengetahui manfaat sebenarnya dari air kelapa melalui para pakar kesehatan dan kecantikan dunia.

Air kelapa berisi hormon tanaman yang disebut dengan 'sitokinin', yang terlibat dalam pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan tanaman. Menurut Journal of Anti-aging medicine, disebutkan bahwa, sitokinin memiliki efek anti penuaan pada sel manusia juga. Dan sitokinin inilah yang dapat mencegah sel-sel tubuh mengalami perubahan degeneratif.

Menurut Dr Bruce Fife, dalam bukunya yang berjudul 'Coconut Water for Health and Healing', menjelaskan bahwa, proses regulasi sel ini dapat membantu mencegah kanker, seperti kesalahan dalam pengembangan sel.

4. Membantu pencernaan.

Air kelapa merupakan tonik bagi pencernaan. Ini telah digunakan untuk mengobati penyakit tropis yang berbeda-beda, termasuk flu perut, disentri, sembelit dan parasit. Air kelapa dapat membantu penyerapan makanan dan meningkatkan pencernaan melalui enzim bioaktif. Tetapi, air kelapa juga dapat memiliki efek pencahar, jadi jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi.

5. Mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Air kelapa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan segala macam bentuk infeksi. Di dalam sari air kelapa, banyak mengandung asam laurat (asam dodekanoat) dan asam lemak, anti jamur, anti virus, dan anti bakteri.

Dan yang perlu Anda ketahui adalah, kandungan asam laurat yang ditemukan dalam air kelapa telah dinyatakan sangat efektif dalam mengobati berbagai macam penyakit berat seperti candida albicans dan infeksi jamur, hepatitis C, herpes, bahkan penyakit mematikan HIV.

6. Kesehatan jantung dan saluran kemih.

Tingginya kadar kalium dalam air kelapa dapat membantu mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, 71% orang yang secara teratur mengkonsumsi air kelapa, maka akan dapat mengurangi tekanan darah mereka.

Air kelapa juga dapat membantu masalah batu ginjal dan diuretik. Sebuah rumah sakit ternama di Filipina mencoba memberikan pasien urologi mereka dengan air kelapa dua sampai tiga kali seminggu. Hasilnya? Batu ginjal mereka berkurang ukurannya dan beberapa diantaranya tidak perlu melakukan operasi lagi.

7. Kaya vitamin alami, asam amino, enzim, antioksidan dan fitonutrien.

Air kelapa mengandung banyak vitamin B, mineral dan elemen seperti seng, selenium, yodium dan belerang. Ini adalah antioksidan yang paling efektif untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan banyak penyakit, termasuk salah satunya adalah kanker.

8. Minuman rendah kalori.

Jika Anda minum air langsung dari kelapa, nilai kalorinya jauh lebih rendah 46 kalori per cangkir. Air kelapa memiliki 1/5 dari gula alami pada beberapa jus buah lainnya.

Secara keseluruhan, air kelapa adalah alternatif yang baik untuk menurunkan berat badan, hal ini disebabkan karena Anda akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada jika Anda minum soda.

9. Alkali tubuh.

Jika Anda ingin mencoba untuk menyeimbangkan atau menormalkan kadar alkali atau asam tubuh Anda, air kelapa menjadi minuman yang sempurna dan solusi terbaik. Air kelapa yang Anda konsumsi dapat menyeimbangkan pH cairan tubuh Anda, sehingga Anda tidak rentan terhadap penyakit.

10. Meningkatkan sirkulasi darah.

Air kelapa telah digunakan sebagai tonik jantung. Mengkonsumsi air kelapa dapat memperkuat jantung Anda, mengurangi kadar kolesterol jahat, dan mencegah pembentukan gumpalan darah. Hal ini akan menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

Selain mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah, air kelapa juga bermanfaat untuk pasien diabetes dan mencegah komplikasi yang terkait dengan aliran darah yang buruk, seperti kaki mati rasa dan kehilangan penglihatan. Terlebih lagi, air kelapa sangat mirip dengan plasma darah dalam susunan kimiawi yang dapat membantu menyelamatkan nyawa.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh World Health Organization (WHO), dijelaskan bahwa, air kelapa dapat dan telah digunakan untuk transfusi darurat selama perang dan bencana, langsung dari buahnya ke dalam pembuluh darah orang yang sedang terluka.

Tidak ada komentar