Atasi Low Back Pain Dengan Teknik Peregangan

LifestyleAtasi Low Back Pain Dengan Teknik Peregangan - Lebih dari 80% manusia akan mengalami nyeri pinggang atau low back pain dalam kehidupan mereka.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan di Amerika, tingkat resiko terkena nyeri pinggang atau low back pain lebih besar dialami pada orang-orang yang aktivitasnya banyak dilakukan dengan duduk. Dalam kondisi tertentu, masalah nyeri pinggang ini dapat menyebar di beberapa titik bagian tubuh lainnya jika Anda tetap mempertahankan posisi duduk Anda dalam kurun waktu tertentu.

Satu hal yang dapat membantu untuk mengurangi atau mengatasi masalah low back pain ini adalah dengan melakukan teknik peregangan. Ini akan memperpanjang dan memperkuat otot, mengurangi tekanan pada tulang belakang dan sendi untuk meringankan dan mencegah rasa sakit.

Bahkan dalam beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa, pasien dengan masalah low back pain yang melakukan teknik peregangan sebagai bagian dari pengobatan mereka, lebih baik daripada mereka yang hanya mengandalkan obat anti inflamasi.

Dan berikut di bawah ini, tiga teknik peregangan yang dapat Anda lakukan secara bertahap dan teratur, untuk mencegah dan mengusir rasa ketidaknyamanan yang disebabkan oleh masalah nyeri pinggang Anda.

Lifestyle1. Teknik pembuka panggul.

Peregangan otot-otot fleksor pinggul yang bekerja dari punggung bagian bawah ke depan tulang paha.

Duduk di tepi meja, bangku atau tempat tidur. Berbaringlah telentang dan peluk lutut Anda.

Seluruh punggung bagian bawah Anda harus berada dalam kontak langsung dengan permukaan atau alas. Ambil lutut kiri atau kanan dengan kedua tangan Anda, bebas kaki mana yang ingin Anda dahulukan.

Tahan selama 10 detik, kemudian kembalikan posisi kaki seperti semula untuk meregangkan otot-otot. Ulangi, kemudian ganti kaki. Lakukan teknik ini dua kali secara berulang di setiap bagiannya.

Lifestyle2. Teknik peregangan sisi.

Peregangan otot punggung bagian bawah yang berjalan dari atas tulang pinggul Anda ke bawah tulang rusuk.

Duduklah di lantai atau matras dengan posisi kedua kaki lurus. Putar tubuh Anda secara perlahan ke sisi kanan Anda, tahan tubuh Anda dengan menggunakan kedua lengan tangan.

Tekuk kaki kiri Anda mendekati perut sejauh yang Anda bisa. Putar kaki kiri yang telah Anda tekuk tadi ke sisi bagian paha kanan  tanpa menggerakkan kaki kiri Anda. Tetap posisikan kaki kiri Anda lurus di lantai.

Perlahan-lahan, angkat tubuh bagian atas Anda sehingga lengan kanan lurus. Berhentilah ketika Anda merasa sedikit peregangan di sisi kanan pinggang Anda. Ulangi teknik ini secara bergantian dua kali di setiap bagiannya.

Lifestyle3. Teknik berdiri dengan bentuk L.

Teknik yang ditargetkan pada peregangan otot di bawah glutes dan sendi pinggul.

Berdiri menghadap meja atau sebuah permukaan yang sejajar dengan bagian pinggang atau setinggi bagian atas paha Anda. Angkat lutut kanan Anda dengan cara memegang pergelangan kaki, sehingga seluruh kaki bagian luar Anda sampai di atas meja.

Kaki Anda harus membentuk bentuk L dan sejajar dengan pinggul Anda. Tahan posisi Anda selama 10 detik, kemudian membungkuk atau lengkungkan punggung bagian bawah Anda dan bersandar pada tubuh bagian atas ke arah depan. Tahan posisi Anda selama 10 detik, dan kembalikan tubuh Anda yang membungkuk tadi secara perlahan. Ulangi teknik ini secara bergantian dua kali di setiap bagiannya.

Selain ketiga teknik di atas, Anda juga tetap harus menjaga kondisi tubuh Anda dengan banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin dan nutrisi, jangan lupakan juga untuk mengatur waktu istirahat Anda dengan cukup.

Lakukan ketiga teknik peregangan di atas secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan Anda akan merasakan perubahannya dalam waktu beberapa hari saja.

Tidak ada komentar