Solusi Penyembuhan Alami Untuk Sariawan

KesehatanSolusi Penyembuhan Alami Untuk Sariawan - Sariawan adalah infeksi atau luka yang menyakitkan yang muncul pada bibir, lidah, pipi bagian dalam, ataupun gusi. Sariawan atau yang dikenal juga dengan ulkus rongga mulut merupakan suatu kejadian yang menunjukan adanya kerusakan atau diskontinuitas epitel dalam rongga mulut.

Dalam beberapa studi disebutkan bahwa, meskipun sariawan merupakan infeksi umum, namun infeksi ini paling banyak di derita oleh kaum wanita dan usia dewasa muda.

Penyebab ulkus rongga mulut dapat bermacam-macam, misalnya karena trauma, agen infeksi (bakteri, virus, jamur, mikrobakteria), penyakit sistemik (stomatitis herpetik, cacar air, HIV, sifilis, tuberculosis, anemia, eritema multiforme, Behcet’s syndrome, lichen planus), drug-induced (obat-obat sitotoksik, NSAID), kelainan darah (leukemia, neutropenia), kelainan imunologis, neoplasma (SSC atau BCC), radioterapi, merokok, alkohol maupun kontak alergi.

Namun, Anda tidak perlu terlalu cemas atau takut saat sariawan atau ulkus rongga mulut menyerang mulut Anda. Yang terpenting adalah menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur dan dengan mengambil perawatan ekstra gigi dan gusi secara baik.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa tips sederhana dan efektif untuk membantu Anda mencegah atau menyembuhkan ulkus pada rongga mulut atau sariawan secara cepat dan aman:
  • Gunakan garam atau baking soda untuk berkumur. Campur 1/4 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kumurkan di dalam mulut Anda dan buang. Ulangi dua atau tiga kali sehari.
  • Minum jus jeruk Atau buah-buahan lain yang mengandung kaya vitamin C. Salah satu penyebab sering terjadinya sariawan adalah karena kurangnya asupan vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk membangun kekuatan tubuh terhadap serangan infeksi.
  • Berkumur dengan menggunakan air dingin dan kemudian air hangat secara bergantian. Metode ini dapat menyembuhkan sariawan secara efektif.
  • Kumur dengan santan segar tiga sampai empat kali sehari untuk meringankan rasa sakit dan menjaga agar mulut tetap bersih.
  • Hindari permen karet, hal ini dapat menyebabkan Anda untuk menggigit bagian dalam pipi Anda. Selain itu, menjauhlah dari minuman seperti teh dan kopi untuk menghindari peradangan yang lebih luas.
  • Perbanyak konsumsi bawang mentah. Jika Anda tidak suka karena baunya, maka bisa juga Anda jadikan sebagai salad dalam hidangan makan Anda. Kandungan sulfur pada bawang sangat baik untuk mempercepat pengeringan ulkus.
  • Jangan lupakan untuk memperbanyak konsumsi produk susu seperti yoghurt dan buttermilk.
  • Untuk sementara waktu, hindari mengkonsumsi daging dan ikan (protein hewani) yang dapat meningkatkan keasaman dalam tubuh, karena hal ini dapat memperlambat proses penyembuhan.
  • Jangan makan makanan keras, konsumsi makanan lunak yang lebih mudah untuk dikunyah. Dan hindari makan makanan panas, pedas dan asam.
  • Gunakan sikat gigi lembut untuk menyikat gigi. Sikat setelah makan sehari-hari untuk menjaga mulut Anda bebas dari makanan yang bisa memicu sakit atau nyeri yang berulang.

Tidak ada komentar