Beberapa Barang Pribadi Yang Harus Sering Dibersihkan

Kesehatan, LifestyleBeberapa Barang Pribadi Yang Harus Sering Dibersihkan - Menurut Charles Gerba, Ph.D., profesor mikrobiologi dari University of Arizona, banyak lokasi yang menjadi wadah berkumpulnya kuman, dan tempat-tempat ini harus lebih sering dibersihkan untuk menjaga Anda dan keluarga Anda terbebas dari virus.

Terkadang kita tidak menyadarinya atau menganggap ini adalah suatu hal yang kecil. Kurangnya rasa kepedulian kita terhadap kesehatan dan kebersihan pada tempat atau properti yang sehari hari selalu ada di dekat kita, dapat membawa sisi negatif yang berdampak pada ketahanan tubuh.

Dan berikut di bawah ini beberapa properti atau barang-barang yang berada di dekat Anda yang berpotensi menjadi wadah bagi berkembangnya kuman dan virus yang harus Anda ketahui, diantaranya:

- Komputer, telepon, remote control.

Apa pun yang banyak mendapat kontak langsung dengan tangan dan jari cenderung memiliki kuman yang tinggi, bahkan jika itu hanya digunakan sesekali oleh satu atau dua orang di dalam rumah Anda, seperti komputer (PC), telpon rumah dan remote control.

Bagaimana dengan laptop dan telpon genggam atau handphone? Kedua barang ini jelas memiliki resiko yang paling besar. Meski praktis karena dapat dipakai dan dibawa ke manapun, namun kondisi inilah yang justru harus Anda waspadai.

Menurut studi, kontak langsung dari lingkungan luar dan media penyebaran dari orang lain yang memakai barang milik Anda ini, memiliki efek resiko kontaminasi yang jauh lebih tinggi untuk kesehatan Anda.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk sering membersihkan barang-barang elektronik pribadi Anda di atas. Dan cara yang mudah namun efektif untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan tissue alkohol yang dirancang untuk membersihkan barang-barang elektronik.

- Kursi, meja, pintu kulkas, water dispenser.

Entah itu di rumah atau di ruangan kantor, properti ini tentu dapat banyak kontak sepanjang hari. Dan jika ada bahkan sedikit mikroskopis di atas makanan, bakteri dan virus dapat berkembang biak.

Sekali seminggu (atau setiap hari jika Anda dapat menyempatkan waktu), gosokkan atau Semprot meja, kursi atau pintu kulkas dengan menggunakan disinfektan. Menurut penelitian, disinfektan mampu mematikan kuman di bagian permukaan secara cepat, sehingga lebih efektif daripada membersihkan hanya menggunakan air biasa atau tissue saja.

- Mobil dan sepeda motor Anda.

Untuk mobil, jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian cup holder, dashboard dan kursi kendaraan Anda seminggu sekali. Kondisi yang lembab pada ruangan mobil akan mempercepat perkembangbiakan bakteri dan virus, dan inilah sebab mengapa Anda perlu membersihkannya.

Sedangkan untuk sepeda motor, melakukan pembersihan secara menyeluruh pada bagian luar dapat meminimalisir berkembangnya bakteri atau virus. Atau, jika Anda tidak memiliki waktu, maka Anda dapat membawa kendaraan Anda ke tempat jasa pencucian kendaraan.

- Tas Anda.

Bukan hanya Anda terus-menerus menyentuh pegangan atau tali tas Anda, tetapi Anda akhirnya meninggalkan itu di lantai atau gantungan umum, toilet, dan daerah-daerah yang memiliki kuman besar. Dan ketika Anda membawa tas Anda ke rumah Anda, Anda memiliki resiko menyebarkan apa pun yang telah Anda bawa untuk diri sendiri atau anggota keluarga.

Sebagai solusinya, Anda dapat menyemprotkan setiap hari (atau setiap kali Anda menggunakannya) dengan semprotan desinfektan atau tissue basah yang mengandung antiseptik. Dan jangan lupa, setiap kali Anda memakainya, letakkan tas Anda di tempat gantungan yang mendapatkan cahaya matahari banyak dan bukan di dalam lemari atau tempat yang memiliki kelembaban tinggi.

1 komentar

Tas,ponsel, dan motor biasanya saya bersihkan sendiri, sementara barang yang lain biasanya pembantu.