-->

Rahasia Atasi Rambut Beruban

KecantikanRahasia Atasi Rambut Beruban - Rambut memutih atau istilah yang sering kita pakai beruban adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari atau hentikan. Beruban merupakan bagian dari proses penuaan, dan kita semua akan memiliki rambut abu-abu pada titik kehidupan kita cepat atau lambat.

Kemudian muncul sebuah pertanyaan, mengapa hal itu terjadi? Dan bagaimana kita bisa mengatasinya secara aman dengan cara alami?

Rambut putih atau beruban terjadi karena pigmen rambut yang disebut dengan Melanin terdiri dari dua jenis warna yaitu warna gelap dan warna terang. Ketika keduanya bercampur, maka akan membuat warna yang berbeda, inilah sebab mengapa kita semua memiliki warna rambut yang berbeda.

Melanin ada dalam setiap folikel rambut di kulit kepala kita, mulai memutih ketika sel-sel melanin yang disebut dengan Melanosit tidak bekerja dengan baik. Akibat dari penurunan ini, maka akan menyebabkan hasil dari warna rambut menjadi memudar.

Ada beberapa faktor yang dapat mengubah pigmentasi rambut, diantaranya:

1. Genetika.

Ada yang dikenal sebagai beruban prematur, orang dengan rambut yang sehat tapi berubah menjadi abu-abu di usia 20-an. Penyebabnya antara lain stres, tetapi sebagian besar itu semua dalam gen.

Gen akan menentukan kapan Anda akan mendapatkan rambut abu-abu pertama Anda, sama halnya seperti kebotakan. Gen mengatur potensi pigmentasi setiap folikel rambut individu.

2. Merokok.

Menurut beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan di negara negara maju, para perokok aktif memiliki 4 kali lebih mungkin untuk memiliki rambut abu-abu. Namun, perokok pasif memiliki kemungkinan delapan kali lipat rambut abu-abu, jauh lebih besar dari para perokok aktif.

3. Kondisi Kesehatan.

Tidak adanya Vitamin B, gangguan tiroid yang tidak diobati, serta kondisi medis lainnya, dapat menyebabkan beruban prematur. Jadi, kondisi kesehatan dan obat-obatan dapat mempengaruhi tubuh Anda serta rambut Anda.

4. Umur.

Pertambahan usia mengakibatkan pengurangan melanin. Mengakibatkan rambut berubah menjadi abu-abu dan akhirnya putih.

5. Hidrogen Peroksida.

Kimia ini dibangun di atas poros rambut, yang dapat menyebabkan hilangnya bertahap warna rambut.

Solusi alami:

Jus bawang dicampur dengan lemon

Kedengarannya aneh, tapi itu adalah obat ampuh bagi masalah rambut beruban. Jus bawang kaya akan enzim katalase dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan topikal untuk rambut beruban.

Bahkan, dalam pengobatan alternatif yang telah berumur ribuan tahun sebelum pewarna rambut diciptakan, memberikan rekomendasi kepada para pasien yang mengalami masalah uban rambut agar menggosok bawang pada kulit kepala mereka untuk menyembuhkan rambut abu-abu.

Henna

Obat alami yang sangat baik untuk rambut beruban. Campur minyak jarak dan jus lemon sampai berbusa, kemudian tambahkan henna.

Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala, serta biarkan selama setidaknya satu jam sebelum kemudian Anda keramas atau mencuci rambut.

Tidak ada komentar