Kulit Tumit Pecah-Pecah? Ini Solusinya

KecantikanKulit Tumit Pecah-Pecah? Ini Solusinya - Kulit pada tumit yang mengalami pecah-pecah juga dikenal dengan istilah cracked heels.

Cracked heels mungkin terdengar bukan masalah penting, namun jika tidak Anda rawat dengan baik maka dapat semakin parah hingga menimbulkan luka atau berdarah. Kaki mengalami tekanan dan regangan, namun jika Anda memperhatikannya dengan baik, maka akan berfungsi dengan baik juga.

Cracked heels dalam dunia medis dikenal sebagai celah tumit. Mereka timbul jika kulit menjadi kering dan tidak kenyal, dapat juga disebabkan oleh diet yang tidak sehat, pilihan sepatu yang salah, kurangnya perawatan pada kulit kaki atau kombinasi dari semuanya.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati cracked heels:

1. Minyak.

Beberapa jenis minyak yang dapat Anda gunakan, diantaranya coconut oil, olive oil dan minyak wijen.

Aplikasikan sebelum tidur, awali dengan melakukan scrubbing atau penggosokan pada tumit dengan batu apung, lalu cuci dan keringkan. Selanjutnya, aplikasikan minyak pada tumit, lalu pakai kaos kaki selama Anda tidur.

Keesokan harinya Anda akan melihat perbedaannya. Lanjutkan perawatan hingga pecah-pecah pada kulit tumit Anda hilang.

2. Pengelupasan.

Pengelupasan adalah cara untuk menyingkirkan jaringan kulit mati dan pecah-pecah. Anda dapat membuat bahan scrub dengan mencampurkan tepung beras dengan beberapa sendok madu dan beberapa tetes cuka apel.

Aduk menjadi satu hingga membentuk pasta. Jika pecah-pecah pada kulit Anda cukup parah, tambahkan olive oil lalu aduk menjadi satu.

Sebelum Anda mengaplikasikannya, rendam kaki dengan air hangat selama 10 menit, lalu dengan perlahan scrub bahan tadi ke tumit kaki. Bersihkan dengan air hangat lalu keringkan. Anda juga bisa menggabungkan dengan cara pada nomor 1, untuk memaksimalkan hasilnya.

3. Lemon juice.

Asam yang terkandung dalam lemon juice dapat secara efektif mengurangi kulit yang mengeras pada tumit. Kulit yang mengeras nantinya akan menjadi pecah-pecah jika tidak dirawat secepatnya.

Ini adalah perawatan untuk pencegahan, karena jika lemon juice diaplikasikan pada kulit yang sudah terlanjur pecah, maka akan menjadi sangat perih.

Untuk pencegahan, peras lemon lalu campurkan pada semangkuk air hangat dan rendam kaki Anda selama 10 sampai 15 menit. Tidak disarankan menggunakan air panas, karena akan membuat kaki Anda bertambah kering. Atau Anda dapat juga langsung mengaplikasikan perasan lemon pada kulit yang mengeras.

Setelah itu, anda dapat menggosokan dengan batu apung, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

4. Masker pepaya.

Hancurkan buah pepaya dan campurkan dengan lemon juice untuk membuat masker, lalu aplikasikan pada kulit yang pecah-pecah, biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Bagaimana, mudah bukan? Semoga beberapa solusi di atas dapat membuat kulit tumit Anda menjadi lebih halus dan kembali sehat.

Tidak ada komentar