Kebiasaan Orang Tua Adalah Masa Depan Anak

Parenting
Image : Getty
Kebiasaan Orang Tua Adalah Masa Depan Anak - Kebiasaan adalah perilaku yang harus dipelajari, bukan bersifat intuitif. Jadi apa yang anak Anda pelajari di rumah sejak mereka kecil, akan menjadi kebiasaan mereka hingga besar.

Dan sebagai orang tua, Anda dapat membantu anak Anda berkembang dengan sehat dan dengan kebiasaan yang baik, yang akan mereka bawa hingga dewasa nanti. Berikut ini adalah kebiasaan sehat dan positif yang harus Anda ajarkan dan contohkan kepada anak-anak Anda.

Kebersihan

Ajarkan pentingnya kebersihan tubuh sebagai salah satu cara untuk tetap sehat, salah satu contohya mencuci tangan dengan benar. Berikan pengertian kepada mereka bahwa jika personal hygiene dilakukan sesering mungkin dan dengan cara yang tepat, maka akan dapat mengurangi resiko terkena flu dan infeksi lainnya.

Makan dengan teratur

Makan teratur dapat membuat anak merasa lebih baik dan memiliki energi yang banyak untuk aktivitas sekolahnya. Kebiasaan makan akan terbawa hingga mereka dewasa.

Yang terpenting adalah, jangan melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan memliki resiko obesitas 4 kali lebih besar, ini yang harus diketahui. Makan bersama akan memberikan perasaan yang menyenangkan dan nilai positif, kurangi minuman manis, contohkan pentingnya minum air putih yang banyak dan pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah segar.

Menikmati aktivitas fisik

Joging, renang atau sekedar bermain petak umpet, dapat mendukung aktivitas fisik yang dibutuhkan anak-anak. Menjaga kesehatan dan tetap aktif akan baik untuk anak Anda.

Sesering mungkin orang tua dapat berinteraksi langsung dalam setiap aktivitas anak. Hal ini akan melatih jiwa sosial dan komunikasi anak menjadi lebih baik. Dan jangan lupa, masukkan nilai-nilai positif kepada anak Anda dalam setiap aktivitasnya.

Membaca

Belajar membaca adalah yang terpenting, bukan hanya dalam pendidikan, tapi juga memberikan kebiasaan haus akan ilmu pengetahuan dan itu akan terbawa hingga mereka dewasa.

Para ahli menyarankan agar membaca untuk anak harus dimulai sejak anak berusia 6 bulan. Dan kegiatan membaca bersama keluarga dapat menjadi rutinitas untuk perkembangan anak.

Pilihlah buku-buku yang sesuai dengan usia perkembangan anak dan tentu saja yang mereka sukai. Selalu sediakan persediaan buku, sehingga mereka tidak kehabisan bahan bacaan.

Yang harus Anda ingat sebagai orang tua adalah, perkembangan daya kreatifitas seorang anak itu bergantung pada apa yang telah mereka terima. Dan buku bacaan adalah salah satu sumber utamanya.

Tetap positif

Bantu anak Anda untuk berkembang secara sehat dan positif, sehingga mereka memiliki kepercayaan diri dan pikiran yang positif, yaitu dengan cara memberikan contoh hubungan yang penuh kasih antara satu dengan lainnya. Ini akan melatih anak Anda untuk peka dan memiliki rasa empati yang baik terhadap lingkungan sekitarnya.

Pada akhirnya, anak-anak belajar dari kebiasaan, baik maupun buruk, positif maupun negatif, yang akan dicontohkan oleh orang tua, hal ini karena Anda-lah yang mereka lihat setiap harinya. Jadi, hanya dengan mencontohkan yang baik, Anda dapat mengajarkan secara efektif kepada mereka kebiasaan yang baik dan sehat.

Tidak ada komentar