Fakta Ruam Pada Ketiak Yang Harus Anda Ketahui

LifestyleFakta Ruam Pada Ketiak Yang Harus Anda Ketahui - Ketiak merupakan tempat berkumpulnya bakteri dan mikroba. Beberapa jenis bakteri menyebabkan bau badan, sehingga Anda mulai menggunakan deodorant.

Terkadang mickroba dengan deodorant yang Anda gunakan malah memperburuk dan mengakibatkan timbulnya ruam. Ruam bisa terjadi dengan berbagai bentuk dan ukuran, beberapa terlihat seperti kulit kering, ada yang gatal dan memerah, atau berbentuk seperti jerawat. Beberapa ruam mengakibatkan rasa sakit dan gatal.

Namun, ruam yang terjadi di ketiak muncul bukan karena Anda kurang menjaga kebersihan. Justru ruam terjadi karena produk produk yang Anda gunakan agar terjauh dari bau badan dan bebas dari rambut yang tidak Anda inginkan. Lalu, bagaimana mengatasi masalah ini?

Pisau cukur

Kulit pada ketiak sangat sensitif, mencukur pada bagian itu memang bukan larangan, namun sebaiknya berhati-hati, karena mengakibatkan iritasi dan menyebabkan peradangan, sehingga bakteri dapat membuat iritasi kulit.

Sangat mudah menghindari ruam atau infeksi yang terjadi pada ketiak. Gunakan krim khusus mencukur dan lakukan dengan perlahan-lahan sehingga Anda tidak merusak kulit. Jangan langsung menggunakan deodorant setelah bercukur.

Hindari pemakaian baju berbahan tebal

Gesekan kulit dengan bahan baju yang tebal akan mengakibatkan peradangan. Apalagi jika masalah ini ditambah dengan Anda memakai bedak atau krim salep untuk ketiak, maka hal ini seringkali menjadi masalah awal yang banyak terjadi.

Hindari alergi

Iritasi kulit sering terjadi, khususnya pada bagian ketiak. Gunakan produk sehari-hari yang tidak membuat Anda alergi, karena jika Anda tetap menggunakan produk yang membuat Anda alergi, iritasi berlanjut dan berakhir dengan ruam.

Rawat ruam Anda sedini mungkin

Ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan lotion atau krim hidrokortison yang bisa Anda dapatkan di apotik. Jika Anda mau mencoba bahan alami, Anda dapat merawatnya dengan menggunakan oatmeal.

Tidak ada komentar