Dampak Konsumsi Makanan Pada Malam Hari

LifestyleDampak Konsumsi Makanan Pada Malam Hari - Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat pada malam hari bukan hanya menyebabkan kenaikan berat badan dengan mudah, namun dapat juga mengakibatkan susah tidur, kerusakan pada kulit, gangguan pada tenggorokan dan saluran pencernaan.

Acid reflux atau GERD terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan. Ada juga sebutan silent reflux yang sedikit berbeda, namun disebabkan oleh hal yang sama. Dampaknya adalah gangguan pencernaan, tenggorokan yang sakit, batuk parah dan kesulitan menelan.

Menurut Jamie Koufman, MD, seorang laryngologist dari New York City, yang telah mempelajari dan merawat pasien dengan kondisi ini selama 30 tahun, menyebutkan bahwa banyak orang di Amerika khususnya yang telah mengalami silent reflux dan tidak menyadarinya.

"Faktor yang paling besar yang menyebabkan sakit ini terjadi adalah pada saat makan malam", Kata Koufman, yang juga adalah pimpinan dari the Voice Institute of New York.

Dia menyarankan agar makan malam 3 jam sebelum waktu tidur. Dan jika Anda dapat mengaturnya, berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah ngemil pada malam hari, Karena itu juga sama bahayanya.

Jadi saat Anda akan ngemil, berikut ini adalah yang harus Anda hindari:

- Alkohol, akan menyebabkan katup antara perut dan saluran pencernaan menjadi lemas. Saat itu terjadi, tubuh tidak dapat menahan makanan di tempat yang seharusnya.

"Jika Anda mengkonsumsi alkohol sebelum tidur, Anda sama saja minta sakit", ungkap Koufman.

- Soda, kenyataannya soda memiliki kandungan asam yang paling tinggi di alam. Asam merusak kelenturan dan meningkatkan tekanan pada perut.

- Makanan berlemak, diantaranya ice cream, kue dan cheeseburgers. Memang semua itu adalah jenis makanan yang enak dan lezat, namun tidak baik bagi kesehatan.

- Coklat, mengandung lemak, caffeine dan theobromine yang dapat menyebabkan sakit kepala, mual dan diare.

- Keju, ada beberapa jenis keju seperti parmesan dan keju buatan Swiss yang aman dibandingkan dengan mozzarella.

- Kacang, memang baik bagi kesehatan, namun bukan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Seperti kacang mete, kenari, dan kacang macadamia adalah yang paling parah, jika dibandingkan dengan pistachios dan almond.

- Jeruk dan apel hijau, dengan kandungan asam yang tinggi, disarankan agar tidak mengkonsumsi jeruk dan apel hijau sebelum tidur.

- Kopi, bukan hanya kandungan asamnya, tapi juga caffeine akan membuat perut penuh dengan asam. Jika memang harus, sebaiknya mengkonsumsi jenis kopi yang lebih ringan kandungan asamnya.

Sebenarnya, banyak pilihan dari jenis makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi malam hari seperti pisang, sereal rendah gula, susu tanpa lemak dan teh chamomile. Dan itu jauh lebih aman dan akan membuat Anda kenyang, serta dapat menjadi sebuah solusi terbaik bagi Anda.

Tidak ada komentar