Atasi Kulit Berminyak Dengan Tepat

KecantikanAtasi Kulit Berminyak Dengan Tepat - Entah itu karena genetik atau stress, jangan tinggalkan rumah dengan keadaan muka berminyak.

Lalu bagaimana cara mengatasinya kulit berminyak dengan cara yang efektif? Berikut solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengusir kulit wajah berminyak dengan aman dan tepat.

Hindari membasuh muka dengan air terlalu sering

Jika Anda selalu bermasalah dengan kulit berminyak, cobalah untuk menghindari untuk membasuh muka dengan air terlalu sering, walaupun sesudahnya Anda merasa segar. Mengapa? Karena dengan berusaha menghilangkan minyak dengan cara itu, hanya akan memperburuk minyak yang ada di wajah Anda, produksi minyak pada wajah akan semakin banyak.

Jauhkan tangan Anda dari wajah

Tangan terkontaminasi dengan kotoran, minyak dan bakteri. Saat Anda menyentuh wajah terlalu sering melalui kontak langsung dengan tangan, maka tanpa Anda sadari akan mentransfer semua bakteri ke wajah Anda. Itu adalah salah satu penyebab jerawat dan memperparah kondisi wajah.

Pilih kosmetik dengan bijak

Jika Anda memiliki masalah wajah berminyak, sangat penting untuk berhati-hati dalam memilih kosmetik seperti foundation. Pastikan produk tersebut oil free, pilih produk yang mineral based. Sama halnya dengan moisturiser. Periksa baik-baik sebelum Anda membeli produk kecantikan.

Rawat dengan masker alami

Banyak masker alami yang dapat Anda buat sendiri dan dengan biaya yang murah tentunya. Contohnya seperti masker dari buah pisang, madu dan lemon.

Vitamin C pada pisang mampu mengurangi produksi minyak, lemon berfungsi membersihkan minyak yang ada, dan madu bekerja sebagai anti bakteri, juga sebagai perekat dari semua bahan.

Cukup dengan mencampurkan 1 buah pisang, 1 sendok teh madu, dan 2 sendok teh air perasan lemon. Setelah bercampur dan halus membentuk pasta, aplikasikan pada wajah hingga leher. Biarkan selama 15 menit atau hingga mengering, lalu bilas.

Hindari penggunaan pembersih wajah terlalu sering

Penggunaan pembersih wajah, toner, sabun muka dan moisturiser terlalu sering akan memancing kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi. Gunakan produk yang khusus untuk jenis kulit berminyak dan ikuti aturan pemakaiannya, jangan terlalu berlebihan dalam penggunaannya.

Lakukan pengelupasan

Pastikan Anda melakukan pengelupasan 1 sampai 2 kali seminggu, untuk mengangkat kotoran dan kulit mati. Tindakan ini akan membantu mencegah jerawat. Pilih produk pengelupas yang berbahan dasar tea tree oil.

Lihat pola makan Anda

Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti bayam, dan omega-3 seperti salmon dan kacang almond. Hindari gula yang akan menyebabkan peradangan.

Menghindari stress

Tanpa Anda sadari, stress adalah faktor penyebab yang utama wajah menjadi berminyak, karena stress memancing hormon cortisol penyebab kulit berminyak dan peradangan. Jika Anda merasa sedang menghadapi stress, lakukan relaksasi, dibantu dengan mengkonsumsi camomile dan green tea.

Selalu sediakan kertas minyak

Kertas minyak adalah sebuah penemuan ajaib, karena dalam sekejap Anda dapat menghilangkan minyak pada wajah dan tanpa efek samping. Jadi selalu sediakan kertas minyak dalam tas Anda.

Tidak ada komentar