Pecinta Sushi, Waspadalah Dengan Cacing Pita

Kesehatan
Photo: Europicsn
Pecinta Sushi, Waspadalah Dengan Cacing Pita - Inilah makan yang paling mahal dan katanya paling enak dari menu sushi. Namun kecintaan seorang pria ini terhadap makanan sushi hampir membunuhnya, setelah seluruh tubuhnya dilubangi oleh cacing pita.

Seorang pria asal Tiongkok harus pergi ke dokter karena keluhan pada perutnya dan gatal-gatal di kulit. Dari hasil scan, terlihat bahwa seluruh tubuhnya terinfeksi cacing pita setelah memakan sashimi ikan mentah terlalu banyak.

Dokter yakin bahwa ikan mentah makanan khas Jepang itu ada yang terkontaminasi. Pria ini dirawat di the Guangzhou No. 8 People's Hospital di Propinsi Guangdong, Tiongkok Bagian Timur.

Dalam penelitian menunjukkan bahwa, memakan ikan mentah dapat mengakibatkan beberapa macam infeksi parasit. Infeksi cacing pita dapat sembuh setelah mengkonsumsi larva diphyllobothrium, yang dapat ditemukan pada ikan air tawar seperti salmon.

Kesehatan
Photo: Youtube/Daily News
Pada the Journal Canadian Family Physician, para dokter ahli menjelaskan bahwa, kasus seperti ini meningkat di daerah miskin, karena tingkat kebersihan yang kurang, kasus seperti ini juga sering terjadi di negara berkembang. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya popularitas sushi.

"Kepopuleran sushi Jepang dan sashimi menjadi kontributornya", ungkap Nancy Craig, seorang peneliti.

"Makanan populer lainnya yang bisa berakibat buruk, seperti ikan asin mentah yang berasal dari Baltic dan Scandinavian bernama carpaccio, daging ikan salmon dan ceviche mentah yang diiris sangat tipis dan terkenal di Italia".
Play Video
×
Dr Yin, dari Guangzhou No. 8 People’s Hospital, mengatakan bahwa, mengkonsumsi makanan mentah yang mengandung telur cacing pita dapat menyebabkan cysticercosis. Saat cacing dewasa, cacing masuk ke dalam aliran darah. Infeksi seperti ini membahayakan nyawa saat itu sampai ke otak.

Tidak ada komentar