Cara Mudah Alami Detoks Usus

KesehatanCara Mudah Alami Detoks Usus - Usus adalah bagian utama dari sistem pencernaan kita, yang bertanggung jawab untuk mengolah air, garam, vitamin dan nutrisi dari makanan, mengolah makanan yang tidak tercerna pada usus kecil dan mengeliminasi sampah dari tubuh.

Namun, jika usus Anda mengalami masalah atau tidak berfungsi dengan seharusnya, maka hal itu malah akan menyerap racun bukan membuangnya. Sampai pada akhirnya menimbulkan berbagai macam keluhan dan masalah seperti sakit kepala, kembung, sembelit, kenaikan berat badan, lemah, kelelahan, hingga munculnya penyakit kronis.

Masalah seperti ini bisa disebabkan karena makanan yang tidak tercerna mengarah pada penumpukan lendir di usus besar, menghasilkan racun yang dapat meracuni tubuh itu sendiri.

Dengan detoks usus, Anda dapat dengan mudah menyingkirkan racun berbahaya dan mempromosikan bakteri usus yang sehat. Dapat juga meningkatkan energi dan meningkatkan penyerapan tubuh terhadap vitamin dan nutrisi.

Banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk detoks usus. Bagi banyak orang, pastilah pilihannya adalah sederhana, natural dan dapat dilakukan di rumah.

Berikut ini adalah solusi dan cara mudah detoks usus yang dapat Anda lakukan di rumah. Namun, akan lebih baik jika sebelum memulai, Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk pengarahan yang tepat, khususnya jika Anda dalam pengobatan atau menderita suatu kondisi kesehatan lainnya.

1. Air.

Untuk membersihkan usus, cara yang terbaik adalah minum air. Sangat penting untuk minum air 10 sampai 12 gelas per hari.

Mengkonsumsi air secara regular atau teratur akan memberikan tubuh Anda cairan dan lubrikasi yang dibutuhkan untuk membuang racun dan sampah dari dalam tubuh dengan cara yang alami. Minum air juga akan menstimulasi tindakan peristaltik usus secara alami, membantu makanan untuk bergerak ke sistem pencernaan.

Air juga penting untuk menjaga tubuh agar selalu terhidrasi. Anda dapat mengkonsumsi air bersama buah segar dan jus sayuran.

2. Jus apel.

Jus apel segar yang dikonsumsi secara teratur akan mendorong gerakan usus, menekan racun dan meningkatkan kesehatan hati juga sistem pencernaan.
  • Awali hari dengan mengkonsumsi jus apel yang tidak disaring.
  • Setelah 30 menit, minum air putih.
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari selama 3 hari. Disarankan untuk menghindari makanan padat selama melakukan detoks ini.
3. Jus lemon.

Lemon merupakan antioksidan dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan baik untuk sistem pencernaan. Campurkan 1 buah lemon, sejumput garam, dan sedikit madu dalam air hangat.

Disarankan untuk mengkonsumsi ini dalam keadaan perut kosong di pagi hari. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan energi ekstra, usus yang lebih baik, dan kulit yang lebih indah. Ulangi selama beberapa hari.

Alternatif lainnya adalah, campurkan 2 sendok makan perasan lemon segar ke dalam segelas jus apel. Minum 3 sampai 4 kali sehari. Ini juga baik bagi usus Anda.

4. Yogurt.

Mengkonsumsi yogurt secara teratur baik untuk kesehatan usus Anda. Kandungan kalsiumnya yang tinggi juga bagus untuk pertumbuhan sel pada usus.

Yogurt juga dapat membantu masalah percernaan. Anda dapat mengkonsumsinya dengan dicampur buah segar seperti apel dan pisang.

5. Lidah buaya.

Lidah buaya juga dikenal sebagai detoks yang baik dan efektif dalam membersihkan usus. Dan bukan hanya itu saja, lidah buaya juga bagus untuk kesehatan dan menyembuhkan sakit seperti sakit kepala, infeksi kulit, diare, nyeri lambung dan sembelit.
  • Campurkan jus lemon ke dalam gel lidah buaya.
  • Biarkan jus campuran ini di dalam kulkas selama 2 sampai 3 jam.
  • Minum beberapa kali sehari, selama beberapa hari.
6. Jahe.

Jahe merupakan bahan yang dapat membantu fungsi usus dan menjaganya dari racun yang berbahaya.

Campurkan 1 sendok teh jus jahe dengan seperempat gelas jus lemon ke dalam 2 gelas air hangat. Dapat juga ditambahkan madu, atau Anda dapat juga memasukkan jahe pada teh herbal.

Tidak ada komentar