Berapa Lama Masa Penyimpanan Makeup?

KecantikanBerapa Lama Masa Penyimpanan Makeup? - Wanita terkenal dengan pola menyimpan makeup hingga kadaluarsa, walaupun sebenarnya makeup dapat menjadi lahan bagi infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Makeup yang mengandung air seperti foundation cair adalah yang paling beresiko terhadap bahaya pertumbuhan bakteri. Di beberapa produk seperti perawatan kulit, diberi keterangan waktu kadaluarsa, namun banyak juga yang tidak, jadi sangat penting untuk mengetahui kapan harus membuangnya.

Aturan utama, produk padat lebih bertahan lama dibandingkan produk cair. Jadi, memilih pensil mata dibandingkan eyeliner cair atau bedak padat dibandingkan foundation cair, akan memberi waktu lebih lama sebelum kadaluarsa.

Untuk membantu Anda mengetahui produk mana yang harus disimpan dan mana yang harus dibuang, berikut ini beberapa daftar yang perlu Anda ketahui, dinilai berdasarkan poin perubahan warna pada makeup, perubahan tekstur, dan bau pada makeup.

1. Mascara.

Setelah 3 bulan, mascara akan mengering dan berubah. Bahkan jika tidak berubah, sebaiknya Anda membuangnya untuk keamanan. Hal tersebut dikarenakan produk ini digunakan di mata. Resiko kontaminasi bakteri akan sangat berbahaya.

2. Liquid Liner.

Tipe ini sebaiknya digunakan dalam 2 bulan.

3. Nail Polish.

Boleh disimpan sampai 1 tahun sebelum warna berubah.

4. Eyeshadow.

Jangan menyimpan produk ini hingga setahun, karena daerah mata sangat rentan dengan infeksi. Gunakan dalam jangka waktu 9 bulan setelah dibuka.

5. Powder Foundation atau Blush.

Perhatikan jika terjadi perubahan tekstur atau terasa gatal di wajah, maka sudah waktunya dibuang. Sebaiknya digunakan hingga 2 tahun.

6. Liquid Foundation atau Blush.

Baik digunakan hingga 6 bulan setelah dibuka. Harus mendapat perhatian ekstra karena sangat mudah dihinggapi bakteri hingga menyebabkan iritasi pada kulit.

7. Lipstick.

Perhatikan warnanya, tekstur dan perubahan saat di kulit. Biasanya boleh disimpan hingga 2 tahun, namun perubahan pada produk harus tetap diperhatikan. Pemakaian jangka panjang harus dibuang setelah 12 sampai 18 bulan pemakaian.

8. Eye Lip Pencil.

Dapat digunakan hingga 1 tahun, hanya perlu dipertajam secara regular.

9. Sunscreen.

Biasanya produk ini disertai tanggal kadaluarsa. Namun biasanya boleh disimpan hingga 1 sampai 2 tahun.

10. Face Cream.

Dapat digunakan hingga 1 tahun jika dalam kemasan botol, namun hanya 6 bulan jika dalam kemasan wadah.

Tidak ada komentar