Jangan Takut Konsumsi Kuning Telur

KesehatanJangan Takut Konsumsi Kuning Telur - Telur adalah salah satu sumber terkaya dari nutrisi, dan beberapa orang bahkan menyebut telur sebagai "makanan yang sempurna".

Trend yang sedang terjadi saat ini adalah mengkonsumsi telur tanpa kuningnya. Hal ini sangat disayangkan oleh para ahli gizi di dunia karena vitamin terbesar sebenarnya justru ada pada kuningnya.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang pentingnya mengkonsumsi kuning telur ini. Hal itu sangat bermanfaat untuk merubah pola pikir Anda terhadap mitos-mitos yang menyebutkan bahwa kuning telur adalah sesuatu yang buruk.

Nah, berikut beberapa poin yang perlu Anda ketahui tentang pentingnya mengkonsumsi kuning telur tersebut, diantaranya sebagai berikut:

- Nutrisi dalam kuning telur mengandung antioksidan, Vitamin B, B12, zat besi, fosfor, kolin dan masih banyak lainnya. Menurut para ahli gizi, kandungan kolin yang ada di dalam kuning telur merupakan nutrisi yang sangat penting untuk fungsi otak, sistem saraf, dan detoksifikasi pendukung dalam tubuh.

- Adalah suatu mitos bagi penderita kolesterol dan penyakit jantung agar tidak mengkonsumsi kuning telur. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kaitan antara kuning telur dengan penyakit ini sangat kecil hubungannya. Para ahli gizi tetap memperbolehkan mengkonsumsi kuning telur dengan jumlah konsumsi yang wajar.

Menurut dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa, bagaimanapun juga tubuh tetap membutuhkan kolesterol untuk fungsi-fungsi penting, seperti membangun dan memperbaiki sel sel. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi Anda harus meninggalkan kuning telur sepenuhnya.

- Nutrisi yang tinggi dalam kuning telur sangat baik bagi orang-orang yang sedang dalam masa pemulihan.

Protein dan zat besi yang terdapat dalam kuning telur dapat membantu dan mempercepat proses pemulihan, terutama seperti pada kasus pasca kelahiran cesar, cidera otot, luka terbuka, dan masih banyak lainnya.

Adalah suatu mitos yang mengatakan jika kuning telur tidak baik di masa pemulihan. Padahal, beberapa kandungan penting yang terdapat di dalam kuning telur memiliki manfaat yang penting bagi tubuh kita, salah satunya adalah memperbaiki sel sel tubuh yang telah rusak.

Jadi mulai sekarang, Anda tidak perlu takut lagi mengkonsumsi telur secara utuh, walaupun tetap dianjurkan dalam jumlah konsumsi yang tidak berlebihan, karena walau bagaimanapun, sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik bagi diri sendiri. (Sumber: DR. Frank Lipman "The Voice of Substainable Welness")

Tidak ada komentar