5 Rahasia Hilangkan Kerutan Kulit Anda

Kesehatan5 Rahasia Hilangkan Kerutan Kulit Anda - Industri kecantikan memiliki tujuan pemasaran yang luas dengan berusaha meyakinkan para wanita bahwa suntikan, krim kulit dan serum akan menghilangkan kerutan dan mengembalikan kulit muda Anda. Meskipun tidak semua, namun hal ini seringkali hanya akan memperburuk kulit Anda.

Kulit mencerminkan kesehatan seluruh tubuh Anda yang keluar dari dalam. Semua ini behubungan dengan tingkat stres, racun dalam makanan, bahan kimia, dan pilihan gaya hidup Anda.

Dan tidak ada keajaiban yang dapat memperbaiki itu semua. Tapi, ada alternatif alami untuk memperlambat efek penuaan dan kerutan yang datang. Nah berikut ini adalah 5 cara alami untuk mengurangi kerutan kulit Anda yang terbukti efektif.

1. Berhenti Merokok.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim psikolog, dermatologis dan ahli gizi dari Italia terhadap 64 wanita Italia yang merokok, para peneliti memperhitungkan adanya peningkatan pada garis kulit, pembuluh darah dan tanda-tanda pigmentasi, serta penurunan pada elastisitas, kecerahan dan tekstur kulit.

Dan dalam hasil penilitan mereka disebutkan bahwa rata-rata perokok memiliki usia biologis 9 tahun lebih tua dari usia mereka yang sebenarnya.

Kemudian para wanita tersebut berpartisipasi dalam sebuah program untuk berhenti dari kecanduan merokok. Setelah 9 bulan tidak merokok, para peneliti menemukan suatu perubahan yang sangat baik dimana adanya penurunan rata-rata usia biologis mereka sebanyak 13 tahun.

2. Gel lidah buaya.

Lidah buaya adalah obat topikal yang bagus untuk kulit, dan sudah terbukti dapat mengurangi keriput wajah. Dalam sebuah studi, 30 wanita sehat berusia 45 tahun mengambil gel lidah buaya sebagai suplemen. Satu kelompok mengambil dosis rendah (1.200 mg/hari), dan kelompok kedua mengambil dosis tinggi (3.600 mg/hari).

Para peneliti mengukur tanda-tanda penuaan kulit pada awal dan akhir penelitian. Setelah 90 hari, para peneliti menemukan bahwa keriput wajah secara signifikan mengalami perubahan pada kedua kelompok. Meskipun dalam dosis yang berbeda, elastisitas wajah pada kelompok dosis rendah juga tetap mengalami peningkatan sama seperti yang dialami oleh kelompok kedua.

Bagaimana cara kerjanya? Para peneliti menemukan bahwa lidah buaya meningkatkan produksi kolagen yang mengarah ke struktur yang lebih baik, sehingga membuat kulit dan keriput menjadi lebih sedikit.

3. Ekstrak ginseng merah.

Ginseng merah mengandung banyak bioaktif senyawa antioksidan, termasuk penguat kekebalan tubuh dan anti penuaan.

Di Korea Selatan, 82 relawan wanita sehat berumur lebih dari 40 tahun berpartisipasi dalam sebuah studi terkontrol. Setiap hari para wanita menerima 3 gram campuran herbal yang mengandung ekstrak ginseng merah.

Peneliti mengukur kerutan wajah, elastisitas kulit, kadar air, eritema dan pigmentasi sebelum dan setelah penelitian. Sampel kulit wajah yang diambil sebelum dan setelah pengobatan juga diukur.

Dan setelah 6 bulan, para peneliti menemukan kerutan wajah secara signifikan membaik pada wanita yang menggunakan ekstrak ginseng merah.

Bagaimana cara kerjanya? Para peneliti menemukan bahwa ginseng merah meningkatkan kolagen sintesis dalam dermis.

4. Ekstrak kulit pohon pinus.

Studi yang melibatkan 112 wanita menemukan bahwa ekstrak kulit pohon pinus cukup aman dan efektif secara signifikan meningkatkan warna kulit dan mengurangi pigmentasi usia seperti bintik-bintik.

Peneliti Jepang membagi wanita menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima 100 mg ekstrak batang pinus setiap hari, sementara kelompok lain hanya menerima 40 mg. setelah 12 minggu, ditemukan bahwa kedua kelompok memiliki penurunan yang sangat signifikan akan tanda-tanda penuaan.

Ekstrak kulit pohon pinus yang ada dipasaran dikenal sebagai Pycnogenol. Para peneliti menemukan bahwa Pycnogenol secara khusus mampu meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit perempuan.

Ekstrak batang pinus tidak hanya membantu kulit Anda. Suplemennya juga mendukung jantung dan kesehatan arteri serta fungsi otak. Selain itu juga telah terbukti mengurangi resiko diabetes dan arthritis.

5. Diet lemak dan sayuran.

Apa yang Anda makan dapat memiliki dampak besar pada keriput. Dalam satu penelitian di Jepang yang terdiri dari 716 wanita, para peneliti mengukur hidrasi kulit, minyak permukaan dan elastisitas. mereka juga mengukur kerutan wajah yang berada di daerah sekitar mata. Selain itu, mereka memilih sampel yang memiliki kebiasaan diet.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang makanannya mengandung lemak jenuh memiliki elastisitas kulit yang lebih baik. Dan Wanita yang makan sayuran memiliki lebih sedikit keriput.

Bagaiman solusinya? Para peneliti menyarankan agar para wanita untuk menghindari mengkonsumsi minyak nabati. Hal itu dapat membuat kulit menjadi lebih buruk. Para peniliti menyarankan kepada para wanita agar mengkonsumsi sumber-sumber makanan yang memiliki manfaat penting bagi tubuh dan kulit, seperti berikut.

- Sumber makanan yang baik dalam lemak meliputi: daging dan produk susu seperti mentega dan yogurt, salmon, unggas dan telur, minyak kelapa dan minyak zaitun.

- Sayuran kaya antioksidan dan beta karoten, meliputi: kangkung, bayam, brokoli, lobak, sawi, kubis, paprika kuning, labu dan tomat.

Journal referensi: GreenMedInfo

Tidak ada komentar