Mau Mudah Bergaul, Ini Tipsnya!

LifestyleMau Mudah Bergaul, Ini Tipsnya! - Menjadi seorang individu yang ramah dan mudah bergaul adalah proses yang membutuhkan waktu. Hal utama yang diperlukan adalah cara yang tepat untuk mengubah dan meningkatkan pola.

Salah satu kendala umum yang kita miliki adalah takut mendekati orang lain. Seseorang merasa cemas ketika mendekati orang lain yang dianggap kurang begitu tahu dan dekat, atau takut memulai percakapan dengan orang lain karena mereka adalah orang asing. Hal itu merupakan sesuatu yang benar-benar alami, mengingat nilai dari sifat dan karakteristik dari tiap individu itu berbeda-beda.

Hal dasar yang perlu Anda lakukan adalah membangun rasa kepercayaan diri. Anda bisa belajar untuk melakukan hal-hal yang dapat menaikkan rasa percaya diri Anda seperti, belajar mengubah penampilan dalam hal berpakaian yang sedikit berbeda dari hari biasanya, atau melakukan sedikit perubahan pada penampilan dandanan tubuh Anda. Meskipun pada awalnya Anda masih merasa gugup, tapi itu adalah normal, sebatas perasaan gugup itu tidak terlalu besar atau ekstrim yang justru dapat menyebabkan Anda semakin menghindari orang lain.

Anda dapat mengatasi kecemasan atau gugup itu dengan cara belajar memulai suatu pembicaraan yang kecil dan ringan dengan siapa pun atau dalam istilah umumnya sering disebut berbasa-basi.

berbicaralah dengan santai dan tanpa ragu-ragu, cobalah untuk terlihat percaya diri. Yakinkan kepada mereka bahwa anda adalah orang yang ramah dan dapat menerima perbedaan baik itu prinsip atau persepsi. Ini bukan tentang membuat orang terkesan, ini hanya belajar dan mencoba untuk memulai sebuah obrolan ringan.

Suatu obrolan itu melibatkan dua faktor yaitu mendengar dan berbicara, sebagai pemecah kekakuan. Anda dapat memasukkan humor, pengamatan, atau apa pun. Jangan memberi pujian daya tarik fisik kepada lawan bicara Anda, gunakanlah sesuatu yang lebih halus namun masih terkait dengan atribut mereka. Tergantung pada konteksnya, karakteristik orang tersebut, budaya, latar belakang, atau informasi apapun yang anda mungkin tahu tentang orang itu, gunakan topik ini untuk memulai percakapan.

Pada situasi tertentu, ada waktu dimana suatu percakapan itu kurang mendapatkan umpan balik yang baik, atau mungkin lawan bicara Anda tampak sedikit tidak peduli. Hal ini merupakan tanda bahwa bukan saat yang baik untuk berinteraksi dengan orang tersebut. Kita tidak tahu apa situasinya, mungkin lebih baik untuk membiarkannya pergi.

Agar mudah bergaul, jangan memaksakan harapan yang berlebihan hanya pada satu orang saja, karena pasti masih ada kesempatan kedua, atau kesempatan untuk berbicara dengan orang lain di lain waktu. Jika Anda gagal untuk pertama kalinya, coba lagi dan  tetap bersikap positif. Terima Kasih...

2 komentar

nice inpo.. gan
semoga dapat memberi inspirasi orang yang susah bergaul

sama-sama gan. berbagi itu selalu indah :)