Jepang Inginkan Olimpiade Robot 2020

DuniaJepang Inginkan Olimpiade Robot 2020 - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, telah mengumumkan rencananya untuk menjadi tuan rumah dalam ajang "Olimpiade Robot Dunia" tahun 2020 sebagai sebuah event musim panas di Tokyo.

Robot dari seluruh dunia akan berkumpul di acara "bersaing dalam keterampilan teknis", kata Shinzo Abe, dikutip dari media lokal.

Abe membuat pengumuman selama kunjungan ke sebuah pabrik yang mengkhususkan diri dalam industri pembuatan robot di Tokyo dan Saitama, di mana ia mengumumkan sebuah rencana untuk menciptakan sebuah gugus tugas yang ditujukan untuk mempromosikan robotika.

Menurut The Telegraph, Abe berharap panitia dapat membantu untuk melipatgandakan ukuran industri robotika Jepang yang bernilai ¥ 2.4 trilyun (£ 13.8 milyar).

"Kami ingin membuat robot sebagai pilar utama dari strategi pertumbuhan ekonomi kita", kata Abe kepada media.

Abe menambahkan, "Kami ingin mendirikan sebuah dewan untuk membuat sebuah revolusi robot menjadi kenyataan".

Selama kunjungannya, Abe menguji sebuah tempat tidur yang dapat berubah menjadi kursi roda, yang akan ditujukan untuk merawat orang lanjut usia yang semakin meningkat dalam populasi di Jepang.

Komentarnya ditujukan untuk salah satu pabrikan raksasa Jepang ,Cyberdyne dan Kawasaki, yang telah bekerja sama untuk membuat baju robot yang dapat dikendalikan oleh pikiran seseorang. Kedua perusahaan raksasa berharap baju robot tersebut dapat bekerja sebagai kerangka eksternal untuk membantu orang tua dan cacat agar dapat bergerak dengan lebih mudah.

Journal referensi: The Telegraph UK

Tidak ada komentar