9 Cara Untuk Mengalahkan Kecemasan

Lifestyle9 Cara Untuk Mengalahkan Kecemasan - Apakah anda merasa cemas atau stres? Meskipun kecemasan dianggap sebagai reaksi normal terhadap stres, namun dapat berkembang menjadi suatu gangguan dan masalah yang lebih serius ketika menjadi berlebihan, menciptakan perasaan takut, khawatir, serangan panik, gelisah dan ketakutan.

Namun jangan khawatir, karena ada kabar baik untuk Anda yang sedang mengalami kecemasan berlebihan. Ada begitu banyak cara untuk meningkatkan kebahagiaan Anda. Mengubah hidup Anda dengan sederhana, namun sangat efektif dengan metode alami untuk mengurangi gejala stres dan kecemasan.

Dengan 9 tips di bawah ini, bisa membuat begitu banyak perubahan positif pada kecemasan dan stress yang sedang Anda alami.

1. Alihkan pikiran.

Jika pikiran Anda sedang mengalami gangguan, lakukan langkah-langkah berikut ini. Lihat kembali email atau pesan-pesan lucu yang pernah Anda dapatkan. Dengarkan lagu favorit Anda, atau buat secangkir teh sambil menikmati alam di sekitar Anda.

Masalahnya akan tetap ada, tapi ini akan memberikan pikiran Anda untuk istirahat sejenak dan terkadang justru dapat memberikan pemikiran segar atau pemecahan masalah.

2. Jangan mengkonsumsi kafein.

Jika Anda merasa cemas, Anda harus mengurangi peningkatan adrenalin yang terjadi di dalam tubuh Anda. Caranya adalah dengan menghindari mengkonsumsi kopi, cola, atau coklat.

3. Makanlah makanan ringan.

Kunci untuk memulihkan suasana hati adalah untuk menjaga kadar gula darah Anda agar tetap stabil. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan ringan setiap 2-3 jam yang mengandung protein.

4. Herbal dan aroma terapi untuk stres.

Passion flower, St John Wort, kava, gandum, damiana, dan chamomile adalah beberapa dari banyak herbal dan aroma terapi yang dapat memberi ketenangan. Herbal tersebut dapat mengurangi efek stres pada tubuh. Termasuk Licorice, ginseng Siberia, Rhodiola dan Withania.

Beberapa herbal di atas mungkin ada yang sulit untuk diperoleh di tempat kita. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebagai alternatifnya kita dapat memakai jenis dupa sebagai salah satu aroma terapi alami.

5. Atur pernapasan.

Kebanyakan orang lupa tentang mengatur pernapasan. Semakin Anda cemas, maka pernapasan akan menjadi dangkal dan lebih tinggi di dada. Atur napas Anda, bernapaslah lebih dalam. Dengan pola napas dalam dan teratur akan menurunkan ketegangan syaraf dan otot Anda sehingga dapat kembali pada kondisi yang lebih baik.

6. Berbicara dengan diri sendiri.

Lakukan afirmasi positif, sebuah pesan tegas kepada diri sendiri. Dalam kasus kecemasan, Intropeksi diri dapat menenangkan dan membawa hal yang positif dalam kondisi Anda saat itu. Renungkan, kenali diri sendiri dan jangan memikirkan hal-hal yang ada di luar tubuh Anda untuk beberapa saat. Terkadang, kecemasan berasal dari tempat terdalam dalam diri kita sendiri.

7. Berdiskusi dengan orang yang dapat dipercaya.

Mengakui bahwa Anda sedang dalam situasi stres atau cemas kepada orang yang dekat dengan Anda akan sangat menguntungkan bagi Anda. Mereka akan mendengar dan mencoba untuk memahami tentang apa yang sedang Anda alami.

Dalam sebuah komunikasi, umpan balik menjadi kunci utama untuk mencari sebuah solusi. Terlepas masukan itu baik atau buruk, itu akan membantu Anda untuk menemukan sebuah perubahan dalam memperbaiki situasi dan kondisi Anda.

8. Sentuhan lembut.

Agar dapat merasa lebih fokus dan siap untuk menghadapi tantangan dunia lagi, tempatkan kedua telapak Anda berdampingan di wajah dengan lembut. Jari-jari dan permukaan telapak tangan Anda akan membantu kepala untuk relaksasi disaat mata tertutup.

9. Carilah bantuan.

Ini adalah opsi terakhir yang harus Anda tempuh jika semuanya tidak membuahkan hasil perubahan yang lebih baik bagi Anda. Mencari bantuan dari seorang psikolog atau konselor jika kecemasan dan stres telah menjadi bagian dalam hidup anda. Dan ini bukan tanda Anda lemah, tapi justru menyadari bahwa Anda sedang membutuhkan bantuan.

Tidak ada komentar