Cara Alami Sembuhkan Varises

Kesehatan
Cara Alami Sembuhkan Varises - Banyak yang mengalami masalah dengan varises, terutama bagi kaum wanita. Varises adalah suatu masalah yang sangat menyebalkan karena dapat mengurangi keindahan kaki, benar bukan?

Jika sudah seperti itu, maka kita mau atau tidak mau harus menghindari memakai rok atau harus menutupinya dengan stoking setiap hari, pasti sangat menyusahkan.

Apa sebenarnya varises itu?

Varises adalah pembuluh darah abnormal yang muncul dekat dengan permukaan kulit. Mereka adalah hasil dari suatu penekanan yang terjadi secara terus menerus atau berkepanjangan pada katup-katup dari aliran pembuluh darah atau biasa disebut obstruksi. Mereka biasanya muncul atau berkembang pada daerah paha dan betis.

Varises umumnya terjadi pada mereka yang sering berdiri atau duduk untuk periode waktu yang lama, program latihan yang buruk, kehamilan, atau sembelit berkepanjangan. Orang-orang yang sering duduk dengan kaki disilangkan lebih rentan terhadap masalah itu.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah varises yang mengganggu penampilan Anda, karena ada beberapa tips ampuh sebagai solusi untuk mengatasi masalah varises dengan cara yang alami.

- Latihan 

Berolahraga untuk mengurangi gejala varises. Berjalan adalah cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi di kaki Anda. Lakukan latihan yang melibatkan gerakan kaki seperti, naik sepeda, mengikuti kelas aerobik, atau menggunakan fungsi tangga. Ini akan mencegah darah dari pembekuan. Ambil saran dokter Anda pada tingkat yang sesuai aktivitas untuk Anda.

- Diet seimbang 

Makan dengan benar akan membantu Anda mendapatkan nutrisi penting untuk mencegah varises. Pilih makanan yang rendah sodium untuk mencegah pembengkakan yang disebabkan oleh retensi air.

Makanlah makanan yang kaya vitamin C dan protein, mereka sangat membantu membangun kolagen yang diperlukan untuk jaringan di pembuluh darah dan katup. Hal ini akan membuat kolagen dalam kondisi yang baik untuk membuat jaringan yang lebih kuat. Sertakan buah-buahan segar, biji-bijian dan sayuran dalam diet Anda.

- Menurunkan berat badan

Obesitas dapat membuat Anda kurang aktif, yang menyebabkan kurang gerakan pada otot-otot kaki. Selain itu, pembuluh darah pada orang gemuk membawa lebih banyak darah, sehingga lebih banyak regangan.

- Perhatikan pakaian dan sepatu

Hindari sepatu hak tinggi, pilihlah sepatu bertumit rendah dengan bahan yang lembut dan pas di kaki Anda. Sepatu datar membuat otot betis bekerja lebih keras, sehingga sangat baik untuk pembuluh darah Anda.

Hindari pakaian ketat di bagian pinggang, pangkal paha atau kaki Anda. Hal ini untuk meringankan tekanan dan memungkinkan sirkulasi darah yang lebih baik.

- Tinggikan kaki Anda

Jika pekerjaan Anda termasuk suatu pekerjaan yang banyak dilakukan dengan duduk secara terus menerus selama jam kerja, beri waktu luang untuk melakukan relaksasi otot-otot tubuh selama beberapa menit untuk meningkatkan sirkulasi.

Relaksasi otot yang bisa Anda lakukan adalah berbaring dengan kaki yang bertumpu pada 3 atau 4 tumpukan bantal. Teknik ini memakai pola hukum gravitasi untuk memompa darah Anda dari kaki ke jantung. Ini akan membantu meringankan pembengkakan dan nyeri kaki.

- Hindari berdiri atau duduk selama berjam-jam

Cobalah untuk bergerak setiap 30 menit sekali jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Jika anda bepergian dengan menggunakan sepeda motor, mobil, pesawat, atau alat transportasi umum lainnya, maka pergilah untuk bangun sejenak dan meregangkan kaki Anda sekali-kali agar membantu mengendurkan otot-otot yang telah tegang. Hindari duduk dengan kaki disilangkan karena hal ini menciptakan masalah sirkulasi.

- Refleksiologi

Lakukan refleksiologi terutama pada kaki Anda. Dalam studi kecil terhadap refleksiologi pada 55 wanita hamil, menunjukkan bahwa refleksiologi dapat mengurangi kaki bengkak. Beberapa para ahli mengatakan refleksiologi tidak boleh dilakukan selama trimester pertama di masa kehamilan. Wanita hamil harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum memilih untuk pijat refleksi.

- Periksa kursi anda

Bantalan kursi yang terlalu dalam dapat menghalangi saat kaki Anda diluruskan, ini menjadi penyebab masalah sirkulasi yang serius. Tepi bagian depan kursi akan menghalangi bagian belakang lutut Anda, menekan pembuluh darah dan membatasi aliran darah.

Pilihlah kursi yang sesuai dengan tubuh Anda, jika itu tidak mungkin, maka bergeserlah ke belakang sampai tekanan pada kaki anda lega.

Tidak ada komentar