PERENCANAAN KEUANGAN

MAKE YOUR OWN PLAN



 UANG
Tahukah Anda?
    Berdasarkan informasi dari Wikipedia, uang mulai digunakan sejak 2500 tahun yang lalu, sekitar abad ke-5 sebelum masehi. Namun pengaruhnya tetap bertahan sampai sekarang dan mengalami evolusi karena adanya dukungan teknologi. Bermula dari barter yaitu pertukaran barang dengan barang, lalu uang barang seperti koin emas, perak, dan lain-lain sampai dengan uang yang kita kenal sekarang.
     Uang dimaksudkan sebagai alat yang mempermudah transaksi, yang diterima luas dan diakui sebagai alat pembayaran yang sah. Seiring dengan perkembangan zaman, selain uang kertas dalam bentuk lembaran dan kepingan logam yang biasa kita kenal sebagai uang kartal, ada juga uang giral dalam bentuk giro, cek dan bahkan e-money. E-money atau electronic money merupakan sebuah alat transaksi (kartu) yang dapat digunakan untuk pembayaran berbagai transaksi secara elektronik. Penggunaan e-money tidak memerlukan otorisasi seperti penggunaan kartu debit atau kartu kredit, sehingga lebih cepat dalam proses transaksi. Karena dalam e-money tersimpan nilai atau saldo yang bisa diisi ulang oleh si pemilik. Jadi mulai dari bayar tol, beli buku, makan di restoran favorit, sampai pembelanjaan di minimarket bisa dibayar dengan e-money, tentu saja jika saldo mencukupi.
    Apakah nantinya uang akan menjadi barang yang langka, karena berbagai transaksi sudah bisa dilakukan secara elektronik tanpa melibatkan fisik dari uang kartal lagi? Bisa saja terjadi. Namun, apakah mungkin jika manusia sudah tidak membutuhkan uang lagi? Hmm. rasanya saya perlu sedikit mengernyitkan dahi untuk membayangkan kapan saatnya manusia sudah tidak membutuhkan uang lagi. Pastinya akan ada bermacam-macam jawaban untuk pertanyaan tersebut. Yang jelas, masih ada kok hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan uang, misalnya cinta, nama baik, relasi, prinsip, kehormatan, waktu, kesehatan, dan seterusnya. Oh ya, satu lagi, katanya sih money can't buy happines.... Jadi, Anda mau menambahkan daftarnya? 

Tidak ada komentar