Tips Fokus Pada Pekerjaan

Lifestyle, KarierUrbanoustics - Tetapkan tujuan yang jelas serta selalu tinjau daftar Anda setiap pagi untuk memutuskan tugas apa saja yang dapat Anda lakukan pada hari itu.

Bekerja dengan durasi 60 sampai 90 menit

Saat kita terus menerus bekerja, maka kewaspadaan kita akan mengalami penurunan dan masalah pun semakin meningkat. Mengatur waktu dan mengambil istirahat pada akhir setiap siklus durasi kerja adalah pilihan yang sangat tepat. Atur fokus Anda dengan mendengarkan musik selama beberapa menit, berjalan-jalan pendek atau pergi untuk makan siang.

Menjauh dari kebisingan dan gadget

Hindari godaan dengan memutuskan semua komunikasi untuk beberapa saat. Hal ini termasuk membuka email, berada di dekat telepon kantor, ponsel dan rekan kerja Anda. Anda mungkin perlu menemukan tempat yang tenang dan jauh dari kebisinganuntuk beberapa saat.

Suasana tenang dan udara yang sejuk akan membuat ketegangan Anda berkurang. Disinilah Anda akan menemukan semangat kerja dan fokus yang jauh lebih kuat lagi.

Mengendalikan gangguan

Gangguan tidak semuanya buruk, tetapi Anda perlu untuk membuatnya bekerja untuk Anda. Mulailah dengan gangguan yang baik untuk Anda, seperti halnya menyediakan waktu sejenak untuk menelepon teman-teman Anda atau sekedar menyapa teman kantor Anda.

Jika Facebook dan Twitter adalah penting bagi Anda, sediakan waktu sedikit untuk menulis atau memberikan komentar update orang lain, tapi tetap berpegang pada jadwal Anda. Ingat, Anda yang mengendalikan gangguan dan bukan sebaliknya.

Latihan untuk tetap fokus

Meditasi adalah cara yang bagus untuk melakukannya, karena itu hanyalah tentang Anda dan pikiran Anda. Selain itu, belajar untuk menempatkan tujuan setiap aktivitas Anda sesuai dengan tempatnya juga sangat penting.

Seperti halnya saat Anda makan siang, maka lakukan hanya untuk makan, jangan membaca koran atau memeriksa email, apalagi sampai membawa urusan kantor Anda pada waktu yang sama. Begitu pula saat dalam pertemuan, fokuslah pada aktivitas pertemuan itu dan jangan sibuk mencoret-coret di notebook atau bermain dengan ponsel Anda.

Perhatikan diri Anda

Mulailah memperhatikan kapan dan bagaimana Anda mendapatkan gangguan. Pikirkan apa yang terjadi sebelum itu, apakah Anda lelah, lapar atau bosan? Ketika Anda telah mempelajari pemicu dari gangguan yang datang kepada Anda, maka Anda dapat mencegah mereka berkembang menjadi lebih besar.

Tidak ada komentar