Makan, Cara Ampuh Usir Bad Mood

Bad Mood, Lifestyle, MakanUrbanoustics - Disaat kaum hawa tengah dilanda luapan amarah dan perasaan sedih, umumnya mereka melampiaskan nafsu dengan melahap semua camilan manis yang ada di depannya. Namun, apakah benar makanan tersebut dapat mengurangi bad mood?

Pada sebuah Penelitian, disebutkan bahwa, ada hubungannya antara makanan dengan mood seseorang. Keterikatan tersebut dapat dilihat dari kandungan beragam vitamin di dalamnya yang dapat mengubah zat-zat kimia dalam otak.

Makanan memiliki hubungan yang erat dengan aktivitas neurotransmitters, zat kimia yang menyampaikan informasi dari satu neuron ke neuron lainnya. Semua kinerja zat kimiawi ini berimbas pada suasana hati seseorang. Lantas, jenis makanan apa saja yang bisa kita santap saat bad mood datang?

Vitamin B-6, B-12 dan asam folat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, orang-orang yang memiliki level asam folat rendah di dalam darahnya, akan memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi. Saat mengalami perasaan tertekan hingga berujung pada depresi, sebaiknya Anda mengonsumi makanan yang banyak mengandung asam folat.

Jenis makanan yang kaya akan folat dapat ditemukan secara alami pada makanan seperti halnya sayur-sayuran hijau, kacang keledai, umbi-umbian, jeruk, dan biji bunga matahari. Namun jika Anda tidak suka menyantap semua jenis makanan tersebut, maka Anda dapat menalihkannya dengan mengonsumsi multivitamin yang mengandung 400 mikrogram asam folat.

Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa kebutuhan asam folat dalam tubuh Anda akan dapat tercukupi. Sehingga, perasaan depresi yang tengah dialami dapat berangsur-angsur berkurang.

Asupan karbohidrat

Untuk mengusir keadaan hati yang sedih, tidak hanya cukup dengan makan-makanan yang mengandung Vitamin B dan asam folat saja, namun Anda juga harus memerhatikan asupan karbohidrat. Dengan demikian, Anda bisa mengganti asupan gula dengan sumber karbohidrat lainnya.

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti halnya soda, permen, cookies, cake, dan minuman kemasan termasuk jenis asupan yang bisa pilih. Sedangkan sumber karbohidrat lainnya yang tidak kalah tinggi kandungan gulanya terdapat pada roti tawar dan kue kering.

Semua jenis makanan ini masuk ke dalam jenis karbohidrat sederhana, di mana kemampuan penyerapan tubuh berlangsung lebih cepat saat makanan tersebut diproses dalam sistem pencernaan. Dan tentu saja hasilnya adalah Anda akan mudah terasa lapar kembali. Dengan kata lain, asupan karbohidrat memegang peranan penting dalam perubahan mood seseorang.

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, buncis, kentang manis, sangat tepat bila Anda konsumsi saat suasana hati sedang buruk. Anda juga bisa mengganti camilan ringan dengan kombinasi buah-buahan segar seperti halnya apel, pir, jeruk, stroberi, melon, dan nanas.

Pada saat asupan karbohidrat terpenuhi, maka otak manusia dapat memproduksi hormon serotonin, yang mana ketika zat kimia tersebut memenuhi tubuh kita, maka dapat dipastikan seseorang akan merasa bahagia sepanjang hari.

Tidak ada komentar