Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Merusak Mata

Kesehatan, LifestyleUrbanoustics - Memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang tajam menjadi hal yang sangat penting. Namun, ada kebiasaan tertentu yang sering tidak kita sadari dapat menjadi penyebab berkurangnya ketajaman penglihatan kita.

Anda mungkin saat ini tengah melakukan beberapa diantaranya dan masih tidak tahu bahwa Anda telah mempertaruhkan kesehatan mata Anda untuk kearah kerusakan jangka panjang. Dan kebiasaan kebiasaan buruk tersebut diantaranya adalah:

1. Merokok.

Kita semua sudah mengetahuinya bahwa ada lebih dari 7.000 bahan kimia yang dapat ditemukan dalam asap rokok. Beberapa bahan berbahaya tersebut diantaranya seperti karbon monoksida dan nikotin, yang dapat merusak kualitas pembuluh darah dan menyumbat jalan sirkulasi darah. Merokok juga diketahui sebagai salah satu penyebab utama dalam masalah mata seperti halnya katarak dan degenerasi makula.

2. Menonton dengan jarak dekat di laptop atau tablet.

Anda cenderung untuk menonton layar panel dari jarak yang benar benar dekat dan ini dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

3. Tidak menggunakan kaca mata hitam.

Sinar UV (ultra violet) matahari dapat menyebabkan berbagai penyakit mata seperti degenerasi makula, cedera retina, katarak dan pterygium. Solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan kaca mata hitam untuk memblokir kerusakan mata akibat radiasi dari sinar UV.

4. Kurang mengkonsumsi buah dan sayuran segar.

Buah-buahan dan sayuran yang dikemas dengan vitamin dan antioksidan sangtlah baik untuk mata. Seperti halnya jeruk, grapefruits, jambu biji, buah merah, wortel, tomat, paprika, kentang, labu dan brokoli mengandung nutrisi yang sangat membantu menjaga visi mata atau menghindari penyakit mata seperti katarak, glaukoma dan degenerasi makula.

5. Membaca dalam kendaraan yang bergerak.

Perjalanan jauh bisa menjadi membosankan, tetapi Anda harus mencari kegiatan lain selain membaca. Karena mata Anda perlu terus-menerus menyesuaikan diri untuk fokus pada apa yang Anda baca saat kendaraan Anda terus bergoyang, hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala dan penglihatan kabur.

6. Lupa mengedipkan mata saat berada di depan komputer.

Tindakan ini akan mengakibatkan mata kering dan gatal setelah beberapa waktu. Setiap beberapa detik, biasakan berkedip untuk menjaga mata tetap basah. Anda juga dapat menggunakan obat tetes mata yang diformulasikan untuk pengguna komputer.

7. Menyipitkan mata.

Menyipitkan mata secara harfiah mendistorsi bentuk bola mata Anda. Menurut beberapa penelitian, menyipitkan mata saat membaca atau menonton sesuatu, ternyata dapat menimbulkan efek buruk bagi mata Anda.

Sedangkan kebiasaan buruk lainnya yang sering kita lakukan seperti halnya menonton acara televisi dengan cara berbaring, kurang tidur, atau membaca dengan pencahayaan kurang, juga dapat menyebabkan mata kita mengalami kerusakan dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar