9 Tanda Peringatan Kanker Serviks

Kesehatan, Kanker Serviks
Urbanoustics - Kanker Serviks merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Penyakit mematikan ini banyak sekali baru disadari oleh penderita saat tingkat stadium mereka telah mencapai ambang batas tertinggi.

Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. (Wikipedia)

Bedasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks berada diperingkat paling atas dengan jumlah mencapai sepertiga nya. Ada sejumlah risiko yang harus diperhitungkan seperti halnya jika Anda melakukan diet, menggunakan kontrasepsi, terinfeksi HIV, terkena asap rokok atau jika itu ada dalam genetika.

Mengetahui beberapa tanda-tanda awalnya sedari dini, sangat perlu kita lakukan agar tidak sampai menjadi terlambat. Dan berikut di bawah ini adalah 9 hal yang perlu diwaspadai terkait dengan tanda peringatan kanker serviks.

1. Sakit di kaki.

Ini umumnya menjadi tanda awal kanker serviks. Rasa sakit dan bengkak di kaki dapat disebabkan oleh aliran darah yang terhambat.

2. Perubahan kondisi luar organ intim wanita (vagina).

Ini adalah salah satu tanda kanker serviks dan potensi masalah kesehatan lainnya.

3. Pendarahan yang tidak biasa.

Ini umum terjadi saat Anda menstruasi. Namun jika terjadi pendarahan berulang-ulang dengan intesitas cairan yang banyak, mungkin sudah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika itu muncul antara periode menstruasi.

4. Ketidaknyamanan ketika buang air kecil.

Ini dapat mengungkapkan kanker serviks dalam beberapa cara. Anda mungkin mengalami rasa terbakar, rasa menyengat atau sensasi yang ketat. Ini adalah salah satu gejalanya.

5. Tidak teratur buang air kecil.

Ini adalah sesuatu yang sulit untuk dilacak, tetapi Anda akan tahu ketika Anda melihatnya. Kontrol kandung kemih adalah masalah utama di sini. Tidak mampu mengendalikan kandung kemih adalah tanda kanker serviks, terutama jika terlihat darah dalam urin.

6. Siklus haid tidak teratur.

Ini bisa menjadi tanda-tanda bahwa Anda berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kanker serviks.

7. Tidak nyaman dalam berhubungan intim.

Kadang-kadang menyakitkan saat berhubunan intim ketika terkena kanker serviks. Ada beberapa alasan yang bisa membuatnya jadi sulit. Dan itu harus segera Anda konsultasikan dengan dokter Anda.

8. Nyeri di panggul.

Ini bisa menjadi tanda kanker serviks, meskipun kram di daerah itu juga menjadi tanda umum menstruasi. Yang harus Anda waspadai adalah, jika nyeri itu memiliki tingkat rasa yang sangat sakit dan berulang, maka segeralah konsultasikan kepada dokter.

9. Sakit punggung.

Sama halnya seperti nyeri di panggul, jika Anda merasakan rasa sakit yang begitu hebat dan berlangsung lama atau muncul secara berulang-ulang, maka segeralah berkonsultasi kepada dokter Anda untuk mendapatkan diagnosa yang pasti.

Tidak ada komentar