Ketahui 5 Cara Mandi Yang Salah

Kecantikan, Kesehatan, LifestyleUrbanoustics - Pernahkah kulit Anda merasa gatal atau kering setelah mandi? Atau rambut terasa kotor dan kasar walaupun selesai keramas? Menurut para ahli, ternyata itu menunjukkan bahwa ada yang salah saat Anda mandi.

Dan Berikut adalah 5 hal tentang cara mandi yang salah yang menjadi penyebab kondisi buruk tersebut datang.

1. Mandi terlalu lama di bawah shower.

Ahli dermatologi, Sandy Johnson, M.D., mengatakan pada American Academy of Dermatology, mandi harus dibatasi tidak lebih dari 10 menit agar terhindar dari dehidrasi kulit, karena air panas menghilangkan minyak alami kulit Anda.

Terlalu lama mandi air panas juga bisa membuat pembuluh darah Anda terbuka, yang dapat menyebabkan munculnya bercak-bercak merah atau ruam pada kulit Anda, mirip ketika Anda mendapatkan kemerahan setelah berkeringat di gym. Hal ini dapat membuat kulit Anda lebih sensitif, yang akan memperburuk kondisi kulit dan menyebabkan ruam atau eksim.

2. Mengeringkan rambut dan tubuh terlalu keras.

Johnson menyarankan untuk menepuk kulit kepala saat mengeringkan rambut daripada menggosok, yang dapat memperburuk kondisi kulit. Michael Forrey, direktur kreatif Sassoon Salon dari New York City, menyarankan agar tidak memutar rambut dengan handuk, karena saat basah, rambut dalam keadaan lemah dan tindakan itu bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Untuk tubuh, disarankan menggunakan pelembab ke seluruh tubuh setelah mandi.

3. Menggunakan sabun yang kasar atau scrub.

"Saya sarankan hanya menggunakan produk yang lembut tanpa pewangi", kata Johnson. Mengapa? Aroma sering mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit sensitif. Anda juga harus melewatkan scrub dan exfoliant, yang dapat memperburuk kondisi kulit. Anda hanya memerlukan pelembab, karena sabun biasa dapat menghapus minyak alami dari kulit dan menyebabkan kekeringan serta iritasi.

4. Mencuci rambut setiap hari.

Jika rambut Anda halus, Anda dapat mencucinya setiap hari. Namun jika rambut Anda bermasalah, maka sebaiknya hindari mencuci rambut setiap hari. Jangan lupa untuk mencucinya dengan air dingin agar warna rambut terlihat segar. Air panas hanya akan membuat warna rambut menjadi kusam. Forrey merekomendasikan menggunakan dry sampo dibandingkan sampo biasa jika Anda mencuci rambut setiap hari.

5. Mandi dengan air belerang.

Hal ini dapat mengubah warna rambut dan merusak kulit kepala, karena kandungan mineral yang tinggi akan tertinggal di kulit kepala. Dan untuk kulit juga tidak baik karena dapat menyebabkan kekeringan kulit yang berlebih serta pengelupasan kulit sehat.

Tidak ada komentar