Kenali Penyakit Cacingan Dan Solusinya

KesehatanUrbanoustics - Di seluruh dunia, ada banyak cacing yang dapat bersarang di perut manusia, tetapi kebanyakan dari mereka bukan masalah jika sanitasi terjaga sangat baik.

Cacing-cacing yang menyebabkan infeksi pada manusia adalah parasit yang hidup dan berkembang biak di usus. Cacing paling umum pada anak-anak adalah Threadworms, Enterobius vermicularis, kadang-kadang disebut Pinworm. Infeksi dengan cacing-cacing lainnya seperti cacing Hookworms dan cacing pita mungkin masih kurang umum atau jarang dilaporkan terjadi.

Threadworms adalah cacing kecil, putih, berbentuk seperti benang dengan panjang antara dua sampai tiga belas milimeter. Mereka merupakan jenis cacing yang paling umum menyerang anak-anak, tetapi orang dari segala usia juga dapat terkena.

Bagaimana cacing menyebar

Cacing Threadworms menyebar ketika seseorang menelan telur cacing. Telur-telur tersebut kemudian menetas dalam usus, dimana mereka tinggal, kemudian berjalan keluar melalui anus untuk bertelur kembali di malam hari.

Telur dapat menempel pada jari-jari dan ditransfer ke mulut jika anak-anak tidak mencuci tangan setelah pergi ke toilet atau terkena goresan luka namun tidak segera diobati. Telur juga bisa jatuh ke tempat tidur atau pakaian, bahkan melayang ke udara, mereka menetap pada banyak permukaan rumah atau sekolah.

Mereka dapat bertahan hingga dua minggu di lingkungan tersebut dan dapat dengan mudah menyebabkan infeksi pada orang lain. Dan hewan peliharaan menjadi salah satu sumber infeksi.

Tanda dan gejala

Gejala infeksi Threadworms dapat mencakup gatal-gatal terutama di daerah anus dan sekitar kemaluan, munculnya bercak-bercak merah di beberapa bagian kulit, sering sakit perut atau diare, lekas marah dan perubahan perilaku (tetapi kebanyakan orang tidak memiliki gejala ini).

Diagnosis

Kadang-kadang infeksi Threadworms dewasa dapat dilihat pada permukaan kotoran. Kadang-kadang cacing dapat dilihat di sekitar anus anak, jika diperiksa dengan senter di malam hari. Namun, metode diagnosis terbaik adalah melakukan test dengan menempelkan perekat khusus yang ditempelkan pada pagi hari lalu dibawa ke laboratorium untuk diperiksa dengan mikroskop.

Masa inkubasi

Gejala infeksi sampai beberapa bulan setelah awal infeksi.

Pengobatan

Terapi dosis tunggal biasanya efektif dan diberikan kepada orang yang terinfeksi dan setiap anggota keluarga pada saat yang sama. Anda dapat membeli pengobatan cacing dari apotek tanpa resep. Hal ini tidak diperlukan untuk mengobati anak-anak secara teratur, kalau mereka menderita cacingan.

Pencegahan

  • Pastikan anak mencuci tangannya setelah dari toilet dan sebelum makan.
  • Orang tua harus memberikan pengobatan segera jika anak terinfeksi.
  • Bersihkan dudukan toilet secara teratur.
  • Biasakan jaga kebersihan kuku anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Tidak ada komentar