Microwave Oven Berbahaya Bagi Kesehatan

Urbanoustics - Microwave oven awalnya dijual dengan sebutan "Radaranges", yang mana alat pemanas ini menggunakan teknologi yang melewati gelombang elektromagnetik melalui makanan, menarik molekul dan menyebabkan makanan tersebut memanas saat mereka bereaksi dengan radiasi gelombang mikro.

Kesehatan, Oven MicrowaveMicrowave adalah energi elektromagnetik yang bergerak pada kecepatan cahaya, sedangkan Magnetron dalam microwave oven menghasilkan energi gelombang. Energi gelombang ini mengubah polaritas molekul dari positif ke negatif. Dan polaritas ini mengubah jutaan kali setiap detik dalam microwave oven.

Microwave ini akan membombardir molekul makanan dan membuat molekul terpolarisasi untuk memancarkan jutaan frekuensi yang sama setiap detik. Gesekan inilah yang dapat memanaskan makanan dan sekaligus menyebabkan "isomer struktural", yaitu kerusakan struktural molekul makanan.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa makanan sering tidak merata saat dipanaskan menggunakan microwave oven. Pemanasan tidak merata terjadi karena gelombang mikro bekerja dengan semua molekul air yang ada, dan karena tidak semua daerah makanan mengandung jumlah air yang sama, maka pemanas tersebut menjadi tidak merata.

Mungkin Anda merasa bahwa microwave oven adalah alat yang sangat luar biasa. Dia dapat membantu segala aktivitas memasak Anda dengan cepat dan praktis. Namun sudah tahukah Anda bahaya yang tersembunyi dari penggunaan microwave untuk makanan Anda? Jika belum, silahkan Anda simak baik-baik penjelasan dari dua studi yang telah dilakukan oleh para ilmuwan tentang dampak buruk microwave bagi kesehatan manusia.

Sebuah studi yang dipimpin oleh seorang ahli biologi dan makanan asal Swiss, Dr Hans Hertel, menyatakan bahwa, makanan olahan yang menggunakan microwave oven dapat menyebabkan perubahan yang sangat signifikan dalam kimia darah.

"Tidak ada atom, molekul atau sel dari sistem organik yang mampu bertahan pada kekuatan destruktif dari microwave untuk jangka waktu tertentu, bahkan di kisaran energi rendah dari miliwatt sekalipun", ungkap Hans Hertel.

"Ini adalah bagaimana microwave dapat memasak dengan panas yang dihasilkan dari gesekan dari kekuatannya dalam molekul air. Struktur molekul yang terkoyak, molekul tegas yang cacat (isomer struktural), dan dengan demikian akan merubah kualitas menjadi buruk".

Sedangkan pada studi lainnya yang dilakukan para ilmuwan dari Stanford University, menyatakan bahwa, penggunaan microwave pada susu meski dalam pengaturan rendah sekalipun, dapat merusak kandungan yang terpenting dalam susu tersebut.

Dan berikut adalah poin-poin penting menurut dua studi di atas, tentang alasan mengapa Anda harus berhenti menggunakan microwave oven sebagai alat untuk mengolah makanan keluarga Anda.

1. Makanan yang diproses melalui microwave oven dapat mengakibatkan kerusakan otak permanen karena impuls listrik di otak.

2. Menyebabkan sel kanker meningkat di darah manusia.

3. Mineral, vitamin, dan nutrisi dari semua makanan yang melalui proses pengolahan di microwave akan berkurang atau diubah, sehingga makanan yang dikonsumsi oleh tubuh manusia tersebut tidak memiliki manfaat yang baik.

4. Makanan yang diproses menggunakan microwave dapat menyebabkan pertumbuhan kanker usus (tumor). Hal ini mungkin menjelaskan peningkatan pesat dari kanker usus besar di Amerika dan beberapa negara maju lainnya.

5. Mengkonsumsi terus-menerus dari makanan hasil olahan microwave dapat menyebabkan kekurangan sistem kekebalan tubuh melalui kelenjar getah bening dan serum perubahan.

6. Makan-makanan hasil dari microwave oven dapat menyebabkan hilangnya memori, konsentrasi, ketidakstabilan emosi, dan penurunan kecerdasan.

7. Susu dan biji-bijian sereal yang melalui proses microwave dapat mengkonversi beberapa asam amino mereka menjadi karsinogen.

8. Pencairan buah-buahan beku yang dilakukan menggunakan microwave, dapat mengubah fraksi glukosida dan galactoside yang ada di dalam buah tersebut menjadi zat karsinogenik.

Dari poin-poin inti di atas terlihat jelas bahwa microwave oven ternyata dapat menyebabkan kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Mereka menghancurkan kebaikan dalam makanan kita dan melemahkan tubuh kita. Dan pada akhirnya, kita semua harus berpikir tentang menyingkirkan mereka secara permanen.

4 komentar

wah ngeri banget infonya...jadi tambah info deh..tx for shareing

Kalau udah terlanjur punya microwave oven, diapain dong?

Silahkan tetap gunakan dengan frekwensi penggunaan yang dikurangi dan hanya untuk tertentu saja.

Terima kasih kembali.