10 Manfaat Sari Tebu Untuk Tubuh Kita

Kecantikan, Kesehatan
Photo credit: Patrick Poon
10 Manfaat Sari Tebu Untuk Tubuh Kita - Masih banyak orang-orang yang belum mengetahui rahasia dari manfaat air tebu untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Umumnya, kita semua menganggap jika air tebu atau sari tebu ini hanyalah sebuah jenis minuman pelepas dahaga saja saat dalam kondisi cuaca panas atau terik matahari.

Namun tahukah Anda? Menurut beberapa studi yang telah dilakukan oleh para peneliti Amerika dan Eropa, dijelaskan bahwa, air tebu ternyata memiliki banyak manfaat dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Air tebu telah diketahui sangat kaya akan kalsium, kromium, kobalt, tembaga, magnesium, mangan, fosfor, kalium, seng, zat besi dan vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, B6. Memiliki konsentrasi tinggi untuk fitonutrien, antioksidan, protein dan serat larut.

Semua nutrisi ini bekerja sama untuk menjaga tubuh Anda dalam kondisi yang baik dan sehat. Jadi, jelas suatu pendapat yang salah jika ada yang menyebutkan bahwa air tebu tidak memiliki manfaat bagi tubuh kita atau gula sari tebu hanyalah minuman alami biasa saja.

Dan berikut di bawah ini adalah 10 manfaat dari sari tebu yang harus Anda ketahui, yang berhubungan dengan masalah kondisi kesehatan dan kecantikan alami tubuh Anda.

1. Memberikan energi instan dan memuaskan rasa haus. Sari tebu adalah sumber glukosa yang baik. Membantu untuk mengembalikan hidrat tubuh manusia dan memberikan dorongan energi. Jadi, pada saat Anda merasa lelah atau mengalami dehidrasi, minumlah segelas jus tebu.

2. Meskipun sari tebu rasanya sangat manis dan memiliki kadar gula tinggi, itu juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengandung gula alami yang memiliki indeks glikemik rendah yang mencegah peningkatan drastis kadar glukosa darah pada penderita diabetes, sehingga dapat bertindak sebagai pengganti minuman soda bagi mereka.

Namun, orang-orang dengan diabetes tipe-2 harus mengkonsumsinya dalam jumlah sedang dan setelah berkonsultasi dengan dokter mereka terlebih dahulu.

3. Jus Tebu dianggap sebagai minuman alkali karena memiliki konsentrasi kalsium yang tinggi, magnesium, potasium, zat besi, dan mangan di dalamnya. Studi menunjukkan bahwa, sari tebu efektif dalam memerangi kanker, terutama kanker prostat dan kanker payudara. Dengan kandungan alkali-nya, maka sel-sel kanker akan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup.

4. Gula sari tebu tebu meningkatkan kadar protein dalam tubuh, membantu dalam menjaga kesehatan ginjal. Dengan campuran air jeruk nipis dan air kelapa, gula sari tebu dapat membantu dalam mengurangi rasa panas yang umumnya terjadi pada infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual, batu ginjal, dan prostatitis.

5. Antioksidan dalam air tebu membantu memerangi infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga melindungi hati terhadap infeksi dan membantu dalam menjaga kadar bilirubin.

Inilah alasannya mengapa para dokter menyarankan minum air tebu untuk pasien penyakit kuning, karena sifatnya yang sangat mudah dicerna tanpa terlalu banyak tekanan pada hati dan juga membantu dalam mengurangi kadar bilirubin.

6. Sari tebu mengandung kalium. Ini membantu dalam menjaga sistem pencernaan sehingga berada dalam kondisi yang baik, mencegah infeksi lambung dan dianggap sangat berguna dalam mengobati masalah sembelit.

7. Studi menunjukkan bahwa air tebu dapat mencegah kerusakan gigi dan bau mulut karena kandungan mineral yang tinggi.

8. Memberikan nutrisi pada kuku. Jika Anda memiliki kuku yang berubah warna, rapuh, dan memiliki bintik-bintik putih, maka saatnya untuk menambahkan gula sari tebu dalam diet Anda. ini akan membuat kuku Anda kembali sehat, mengkilap, kuat dan terlihat cantik bahkan tanpa cat kuku.

9. Sari tebu sangat baik untuk penderita demam. Hal ini karena sari tebu dapat membantu dalam menggantikan protein yang hilang akibat demam yang dapat menyebabkan kejang dan kehilangan protein dalam tubuh. Kondisi ini pula yang sangat umum terjadi pada bayi dan anak-anak.

10. Kandungan alpha hydroxy acids dalam tebu memiliki banyak manfaat. Mereka dapat melawan jerawat, mengurangi flek, mencegah penuaan, dan membantu dalam menjaga kulit terhidrasi. Salah satu asam hydroxy alpha yang paling efektif adalah asam glikolat dan tebu. Tambahkan jus tebu pada masker atau scrub favorit Anda dan biarkan hingga kering. Gunakan secara teratur untuk melihat efeknya.

Penting untuk memastikan bahwa, 10 manfaat dari sari tebu di atas  diambil secara higienis. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sari tebu  yang telah Anda olah segera mungkin, hal ini disebabkan karena sari tebu cenderung teroksidasi dalam waktu 15 menit.

Tidak ada komentar