Seseorang Yang Menarik Di Mata Orang Lain

Lifestyle
Photo: Jupiterimages/Getty Images
Seseorang Yang Menarik Di Mata Orang Lain - Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa, baik pria maupun wanita lebih memilih mitra yang rendah hati. Sementara penelitian tentang narsisme bisa dikatakan kebalikan dari kerendahan hati, yang telah mendapat perhatian luas karena ternyata memiliki kualitas yang jauh lebih rendah.

Para peneliti setuju jika kerendahan hati bukan hanya kata lain untuk kesopanan. Seseorang yang sering mendapat pujian belum tentu menarik, namun jika dia murah hati dan bersikap tenang selama konflik atau menerima kritikan, itu merupakan contoh sifat dari orang yang rendah hati.

Menurut penelitian, orang yang rendah hati dapat melihat kekuatan dan kelemahan mereka secara akurat. Orang-orang seperti ini akan cenderung memperlakukan pasangan mereka dengan romantis dan bertindak untuk mendukung ikatan mereka.

Sebuah tim penelitian yang dipimpin oleh Daryl R. Van Tongeren, Ph.D., seorang asisten profesor Psikologi dari Hope College,  telah melakukan sebuah studi untuk menguji apakah rendah hati merupakan nilai yang penting dalam sebuah hubungan, dan lebih cenderung untuk memaafkan pasangan yang mereka anggap sebagai rendah hati.

Dari hasil survei yang mereka lakukan dengan cara membuat profil pribadi untuk sosial media, didapatkan bahwa 87% orang lebih tertarik mencari pasangan yang rendah hati, dan itu berlaku baik untuk pria maupun wanita.

Penelitian yang didanai oleh the John Templeton Foundation ini kemudian menguji apakah kerendahan hati sangat membantu dalam mempertahankan sebuah hubungan. Dari hasil penelitian yang dilakukan selama 18 bulan, ditemukan bahwa, dalam menjalin atau membina sebuah hubungan (khususnya hubungan jarak jauh) yang dilandasi sikap rendah hati dan mudah memaafkan, akan membuat hubungan jauh lebih berhasil dan bertahan lama.

Dari hasil survei tersebut, Van Tongeren menyimpulkan bahwa, sifat rendah hati memiliki kualitas yang lebih bernilai, hal ini karena orang yang memiliki kerendahan hati lebih menarik untuk orang lain. Setelah mendapatkan hasil pengukuran dari studi yang telah dilakukan, ia mengharapkan adanya studi lanjutan selama lima tahun ke depan.

"Pengembangan karakter kebajikan adalah sebagai bagian dari inti misi ini. Hal ini telah mendanai sebuah studi yang dipimpin oleh Don Davis dari Georgia State University, untuk menemukan ukuran perilaku kerendahan hati", ungkap van Tongeren.

Tidak ada komentar