Kiat Jitu Usir Stress Anda

LifestyleKiat Jitu Usir Stress Anda - Banyak dari kita yang mencari jalan keluar untuk menenangkan diri dari rasa stress adalah dengan mengkonsumsi junk food atau anggur. Tetapi, itu sebenarnya tidak memperbaiki apa-apa.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa, beberapa cara mudah untuk meningkatkan semangat dan menurunkan stress Anda adalah dengan cara yang benar-benar membuat perubahan positif di otak dan tubuh.

"Stres memicu pelepasan hormon kortisol, yang dapat merusak otak kita dan melemahkan sistem kardiovaskular dan kekebalan tubuh kita dari waktu ke waktu", ungkap neuropsikolog, Rick Hanson, PhD.

Penelitian terbaru di bidang nutrisi, psikologi, dan ilmu saraf memberikan tips untuk meningkatkan suasana hati dalam waktu singkat. Berikut hasil penelitiannya:

Tersenyum

Tersenyum dapat menenangkan Anda. Penelitian dari University of Wisconsin menemukan bahwa, orang yang mendapatkan suntikan botox, maka kurang mudah marah karena mereka tidak bisa mengungkapkannya, itu jelas berbahaya.

Ketika rasa takut dan kecemasan datang, sistem saraf mengarahkan aliran darah ke otot-otot terbesar, respon untuk melindungi bahaya fisik.

Aliran Ini sering mengakibatkan tangan menjadi dingin. Jadi, ketika tangan Anda hangat, secara otomatis itu merupakan sinyal ke sistem saraf Anda bahwa Anda sedang dalam keadaan tenang.

"Bahkan hanya memvisualisasikan tangan yang hangat cukup untuk membantu mematikan reaksi stres", kata neuropsikolog, Marsha Lucas, PhD.

Donasi

Memberikan uang untuk tujuan baik membuat Anda merasa lebih baik daripada membeli barang mahal, demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Dunn, PhD, dari University of British Columbia, dan Michael Norton, PhD, dari Harvard Business School.

Makan snack

Jika Anda marah-marah, ide terbaik adalah makan snack gandum dan bukan junk food. Kandungan karbohidrat membuat Anda merasa bahagia dalam setengah jam, demikian menurut Elizabeth Somer, RD, seorang ahli gizi dan penulis 'Eat Your Way to Sexy'.

Berkebun

Menurut sebuah studi yang pernah dilakukan pada tahun 2011 di Belanda yang diterbitkan dalam Journal of Health Psychology, mengungkapkan bahwa, 30 menit berkebun lebih efektif mengurangi tingkat stres daripada 30 menit membaca buku di sebuah ruangan. Para peneliti mengatakan bahwa itu adalah hasil dari aktivitas fisik.

Tapi mungkin rahasianya terletak di tanah. Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara bakteri umum yang ditemukan di tanah dan meningkatnya kadar serotonin, yang berarti mengurangi kecemasan dan konsentrasi menjadi lebih baik.

Beri diri Anda pelukan

Kristin Neff, PhD, seorang peneliti dari University of Texas, merekomendasikan 'memeluk diri sendiri', dengan cara melingkarkan tangan Anda di sekitar diri sendiri dan meremas tubuh Anda. Bahkan sentuhan Anda sendiri dipercaya dapat mengeluarkan oksitosin dan biokimia lain yang memberikan ketenangan.

Fokus pada pernafasan

Kita semua telah mendengar bahwa pernapasan dalam sangat penting untuk merasa tenang. Namun, bagian yang paling penting dari itu adalah bernapas keluar.

Menurut Dr. Hanson, menjelaskan bahwa, ketika Anda memanjangkan hembusan napas Anda, Anda memicu sistem saraf parasimpatis Anda, yang memperlambat dan menyeimbangkan detak jantung Anda. Ambil tiga hembusan napas panjang akan membuat Anda lebih tenang.

Minum kopi

Kopi memberikan rasa tenang, kata Drew Ramsey, MD, asisten profesor psikiatri dari Universitas Columbia.

Mengkonsumsi coklat

Sebuah studi yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, menemukan bahwa, rasa manis di lidah Anda menyebabkan lonjakan endorfin untuk membuat Anda merasa baik. Dalam studi tersebut dijelaskan bahwa, coklat berfungsi untuk memperbaiki suasana hati, serta dipercaya mampu memperbaiki ketajaman mental dan sikap.

Tidak ada komentar