Rahasia Kebiasaan Keluarga Bahagia

Parenting
Image by Les and Dave Jacobs
Rahasia Kebiasaan Keluarga Bahagia - Terkadang keluarga terlihat sibuk dengan masing-masing kegiatannya.

Namun, yang terpenting dalam sebuah hubungan keluarga adalah rumah. Di situlah yang membuat kita berkumpul menjadi satu keluarga.

Menurut para ahli, ada kebiasaan-kebiasaan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hubungan keluarga yang sukses dan bahagia, diantaranya adalah sebagai berikut:

Saling bercerita

Menceritakan sejarah keluarga merupakan hal yang menarik bagi anak-anak. Itu akan membuat anak-anak bersemangat dan mulai bertanya kepada kakek dan neneknya. Hal ini akan menciptakan sebuah ikatan khusus antar generasi, demikian yang disampaikan Carroll Tingle, ketua dari human development and family studies dari the University of Alabama.

Hubungan yang dekat dengan kakek neneknya

Pastikan kedua generasi antara anak-anak dan kakek nenek memiliki waktu untuk saling berkunjung dan berkomunikasi. Kakek nenek dapat memberikan kestabilan pada anak-anak. Menurut the Journal of Family Psychology, anak-anak yang memiliki hubungan yang dekat dengan kakek neneknya, memiliki sedikit masalah emosional dan lebih mudah bersosialisasi.

Rapat keluarga

Menurut Marcia Slattery, MD, seorang profesor psikiatri dari the University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, menjelaskan bahwa, pertemuan keluarga adalah saat dimana masing masing anggota keluarga dapat menyampaikan dan menerima masukkan dari anggota keluarga yang lain. Dengan waktu yang dapat diatur sesuai dengan kegiatan masing-masing anggota keluarga.

Memiliki kebiasaan unik

Adakan acara unik yang biasa dilakukan oleh keluarga, seperti menonton bersama, mengerjakan sesuatu bersama. Itu akan membuat hubungan keluarga semakin erat.

Saling mengucapkan terima kasih

Ucapan terima kasih terdengar sederhana, namun merupakan sesuatu yang penting. Di saat anak-anak membersihkan meja tanpa disuruh, di saat ayah mengambil jemuran, di saat ibu memasak, ucapan terima kasih akan sangat berdampak positif dan dapat membangun kesehatan jiwa.

Memiliki jam tidur yang baik

Tidur sangat penting dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi aktivitas sehari-hari. Tidur yang cukup dan bangun dengan kondisi yang baik, akan sangat mempengaruhi kegiatan selama seharian.

Contohkan kepada anak-anak bagaimana pola tidur yang baik, maka mereka juga akan mengikuti pola Anda.

Tertawa bersama

Entah itu karena lelucon, film, tingkah laku konyol, apapun yang dapat memicu tawa, lakukanlah bersama-sama. Tertawa terbukti menaikkan mood seseorang, meningkatkan kekebalan tubuh, dan baik bagi kesehatan jantung.

Makan malam bersama

Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk makan malam bersama. Itu adalah kesempatan Anda dan keluarga untuk berkomunikasi dan memberikan kesempatan pada anak-anak menyampaikan kegiatan mereka dalam hari itu.

Tidak ada komentar