Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Anak Kecil

ParentingManfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Anak Kecil - Entah itu bermain di teras atau hanya sekedar mengelus, tidak diragukan lagi bahwa hewan peliharaan dapat memberikan kesenangan bagi pemiliknya.

Namun sebenarnya keuntungan memiliki hewan peliharaan lebih dari sekedar untuk diajak bermain. Jika Anda bertanya-tanya apakah ini waktu yang tepat untuk memiliki hewan peliharaan ke dalam keluarga, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memiliki hewan peliharaan merupakan ide yang bagus.

Mengajarkan nilai pada anak

Maksudnya adalah, dengan adanya hewan peliharaan, anak-anak belajar bertanggung jawab, walaupun tetap saja Anda yang mengendalikan, namun perilaku Anda dapat memberikan contoh, bagaimana Anda mengurus hewan peliharaan.

Anak-anak dapat belajar dari hal kecil seperti menaruh makanan hewan peliharaan. Dari situ anak akan belajar bahwa hewan juga membutuhkan makanan, tempat tinggal, latihan dan kasih sayang layaknya manusia. Itu akan mengajarkan pada anak mengenai empati dan kasih.

Meningkatkan kepercayaan diri

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, anak-anak dengan latar belakang keluarga yang memiliki hewan peliharaan, memiliki kepercayaan diri yang lebih. Mengapa? Ini karena mereka memiliki hewan peliharaan yang mereka sayangi dan menyayangi mereka, bagaikan teman yang selalu ada untuk mereka disaat tidak ada siapapun yang hadir untuk mereka.

Disaat mereka sekolah, hewan peliharaan dapat mendorong nilai sekolah karena anak suka membacakan cerita untuk hewan peliharaannya, sehingga mereka terlatih untuk membaca dengan kepercayaan diri.

Baik bagi kesehatan

Para ahli mengatakan bahwa anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan lebih kuat terhadap alergi tertentu, karena mereka sudah terbiasa dengan bakteri tertentu, sehingga membuat mereka kebal. Namun, ada anak yang alergi dengan hewan, jadi sebaiknya Anda periksakan dahulu secara pasti sebelum memiliki hewan peliharaan. Jangan lupa, kondisi kesehatan hewan peliharaan Anda juga harus diperhatikan dengan benar untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa, memiliki hewan peliharaan membuat anak jarang sakit, khususnya pada tahun pertama mereka. Jarang terkena infeksi atau masalah pernapasan. Selain itu, hewan peliharaan dapat membuat stres berkurang bagi keluarga.

Tidak ada komentar