Makanan Tinggi Kalsium Pengganti Susu

KesehatanMakanan Tinggi Kalsium Pengganti Susu - Kebanyakan orang berpikir kalau ingin memenuhi kebutuhan kalsium mereka hanya mendapatkannya dari susu, mereka salah.

Seberapa banyak kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh? Untuk usia 19 sampai 50 tahun, kalsium yang dibutuhkan adalah 1000 miligram per hari. Untuk usia 9 sampai 18 tahun, jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 1300 miligram per hari.

Untuk usia di atas 50 tahun adalah 1200 miligram per hari, sedangkan bagi wanita yang telah mengalami menopause dan tidak melakukan pengobatan hormon, membutuhkan kalsium sebanyak 1500 miligram per hari.

Yang harus Anda ketahui adalah, segelas susu hanya mengandung 300 miligram kalsium. Lalu, bagaimana mencukupi kebutuhan kalsium selain dari susu? Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis sumber makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi selain yang telah ada pada susu.

Kale

Sayur kale adalah salah satu sayur terbaik dan mengandung banyak nutrisi. 3,5 cangkir sayur kale mengandung 315 miligram kalsium. Kale, disebut juga borecole, merupakan sayuran dari keluarga Brassica seperti halnya kubis, kailan dan brokoli.

Selain itu, kale juga banyak mengandung vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B6, B9, K, kolin, besi, magnesium, mangan, fosfor, dan garam seperti K, Na dan Zn.

Bayam

Bayam memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, yaitu 244 miligram per cangkirnya. Dengan kandungan lainnya yang mendukung kekuatan tulang seperti magnesium.

Kol hijau

2 cangkir kol hijau mengandung 452,2 miligram kalsium, merupakan bahan pengganti yang juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

Wijen

Seperempat cangkir wijen mengandung 315 miligram kalsium, tentunya ini merupakan sumber makanan yang sangat tinggi kandungan kalsiumnya. Anda dapat mengkonsumsinya bersama salad atau roti gandum, dan kebutuhan kalsium Anda akan terpenuhi.

Yogurt organik

Yogurt mengandung 447,4 miligram kalsium percangkirnya, yang berarti mencukupi 45 % kebutuhan kalsium perharinya.

1 komentar

Makanan tinggi kalsium selain susu seperti keju. Namun tidak semua orang suka, karena beberapa ada yang alergi susu. Sayuran hijau juga sumber kalsium. Setiap hari saya dan keluarga mewajibkan untuk makan sayuran hijau. Karena selain sebagai sumber kalsium juga sumber serat yang baik untuk pencernakan.